Dan Puskopaska Pimpin Peringatan HUT Kopaska Ke-60 Di Daerah Latihan Bremi Probolinggo

Merdekajayapos.com SURABAYA- Komandan Puskopaska Laksamana pertama TNI Y. Bramantyo N.S, bertindak sebagai Irup pada upacara HUT Kopaska ke-60 yang dilaksanakan di daerah latihan Bremi, Probolinggo Kamis (31/03/2022) digelar dengan sederhana namun khidmad dengan mengundang para purnawirawan dan sesepuh Kopaska.

Dan Puskopaska memeriksa pasukan upacara

Pada peringatan HUT ke-60 Komando Pasukan Katak, tidak melibatkan peralatan tempur, hanya diikuti  oleh Siswa Dikkopaska Angkatan XLV TA. 2021 yang sedang melaksanakan Lattek Komando di Bremi Probolinggo serta personil Puskopaska yang sedang melaksanakan OTJ di gunung Argopuro dan personel Satkopaska Koarmada II.

Dengan mengambil tema "Kopaska TNI AL yang profesional militan dan tangguh siap mendukung pemulihan ekonomi nasional dan reformasi Stuktural”.

Komandan Puskopaska sedikit mengulas sejarah bahwa Kopaska secara resmi didirikan pada tanggal 31 Maret 1962 bertepatan dengan kampanye militer Indonesia yang bersejarah dalam rangka merebut Irian Barat. Hal ini tentunya memberikan gambaran bahwa pengabdian Kopaska kepada negara kesatuan Republik Indonesia tidak perlu diragukan lagi.

" Kepada seluruh prajurit bahwa dengan melaksanakan upacara peringatan HUT ke-60, momentum ulang tahun kali ini merupakan sesuatu yang istimewa karena berdasarkan perpang TNI nomor 18 tahun 2020 dan peraturan Kasal nomor 12 tahun 2020 pada tanggal 8 april 2020, Kepala staf TNI Angkatan Laut telah meresmikan terbentuknya Pusat Komando Pasukan Katak sebagai wadah bagi kita personil TNI Angkatan Laut yang berkualifikasi manusia katak dalam membina kemampuan dan kekuatan untuk meningkatkan profesionalisme sebagai sarana dalam menghadapi tantangan tugas dimasa depan", terang Dan Puskopaska.

Dan Puskopaska saat membacakan amanat KASAL

Dalam amanatnya  Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, SE, M.M yang dibacakan oleh Irup menekankan,  “ Kopaska tidak hanya sebagai pasukan khusus TNI Angkatan Laut saja, namun dalam perkembangannya Kopaska merupakan salah satu bagian pasukan elit yang dimiliki  bangsa Indonesia dan diakui dunia Internasional. Hal ini dapat dilihat dari peran serta Kopaska dalam tugas kemanusiaan dan operasi militer selain perang/OMSP lingkup nasional maupun misi perdamaian dunia di bawah bendera PBB dan tugas-tugas  internasioanal lainnya. Setiap tugas dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab yang diwujudkan dalam bentuk kinerja dan dedikasi serta loyalitas yang tinggi.  

"Oleh karena itu saya berharap agar seluruh prajurit yang memiliki kemampuan lebih dalam melaksanakan peperangan laut khusus hendaknya tetap menjaga jatidiri sebagai prajurit Pasukan Katak TNI AL yang memiliki profesionalisme, militan dan rendah hati" ucap Irup dalam membacakan amanat KASAL.

Mengakhiri amanatnya Kasal mengucapkan terima kasih kepada Komandan Puskopaska 

Beserta seluruh prajurit Kopaska atas terlaksananya upacara ini. “ Apresiasi  saya  kepada Kopaska yang menyelenggarakan beberpa kegiatan dalam rangka HUT Kopaska secara sederhana berupa bhakti sosial, anjangsana maupun sarasehan prajurit Kopaska dengan para sesepuh dan purnawiawan Kopaska. Semoga kita semua  dapat terus membangun dan mengembangkan Kopaska menjadi pasukan Elit TNI Ankatan Laut yang mempunya daya gentar tinggi dan diakui didunia internasional” .

Dalam kesempatan tersebut Komandan Puskopaska juga mengucapkan Dirgahayu Kopaska ke-60 tahun 2022 kepada seluruh keluarga besar Kopaska di manapun berada dan bertugas. " Semoga dengan semboyan “ Tan Hana Wighna Tan Sirna” Kopaska senantiasa diberikan kemudahan, kelancaran dan kesuksesan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai", Ujar Dan Puskopaska. (Edi sulton).


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url