Yeti Kristianti Maknai Tradisi Sedekah Laut

PATI Merdekajayapos.com,- Sedekah laut yang menjadi tradisi atau menjadi kegiatan rutin setiap tahun dimaknai wujud rasa syukur kepada sang pencipta Allah SWT atas keselamatan untuk para pelaut atau nelayan yang mencari rejeki, sedangkan puncak dari sedekah laut diadakanlah festival sedekah laut yang diwarnai dengan berbagai hiburan terutama di desa Bajo dan di desa Bendar Kecamatan Juwana, Pati usai digelar minggu kemarin. Demikian diungkapkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) komisi B Yeti Kristianti, S.E M.M.

Yeti Kristianti Makna Tradisi Sedekah Laut Adalah Wujud Syukur Kehadirat Allah SWT
Yeti Kristianti, SE,MM anggota Komisi B DPRD dari Fraksi Gerindra

Yeti Kristianti Makna Tradisi Sedekah Laut Adalah Wujud Syukur Kehadirat Allah SWT

Bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) komisi B Yeti Kristianti, tradisi sedekah laut adalah dimaknai sebagai ungkapan rasa sujud syukur kepada Allah SWT dari para nelayan yang selama ini mengais rejeki sesuai keahliannya.

Selain ungkapan rasa syukur kepada sang pencipta yaitu Allah SWT atas makhluknya itu, kata dia juga diwujudkan dalam bentuk doa agar para nelayan dalam menjalankan usahanya diberi kesehatan dan keselamatan.

“Acara Sedekah Laut ini dimaksudkan untuk keselamatan semua, terutama para nelayan yang melaut diberi kelancaran rezeki, tangkapan banyak dan memohon keselamatan bagi semua kru kapal,” ungkap Yeti Kristianti

Makna Tradisi Sedekah laut

Selanjutnya, Yeti Kristianti menambahkan tradisi sedekah laut ini dalam rangka mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat rezekinya di laut.

Yeti Kristianti anggota DPRD Kabupaten Pati dari Fraksi Gerindra asal Bendar ini mengungkapkan bahwa sedekah laut kali ini berjalan dengan lancar. Di mana selama dua tahun ke belakang hanya dilaksanakan secara sederhana dan karena Covid-19 sudah menurun serta acara berlangsung dengan baik dan lancar.

Yeti Kristianti anggota DPRD dari Fraksi Gerindra Maknai Tradisi Sedekah Laut

Dalam kesempatan itu, pihaknya menjelaskan untuk acara festival sedekah laut di desa Bendar terdapat bermacam hiburan Seni budaya seperti ketoprak, wayang, serta perlombaan antar RW untuk merekatkan kerukunan antar warga.

Festival Sedekah Laut Tradisi Seni Budaya

“Acara ini diharapkan menjadi budaya yang turun-temurun ke anak cucu supaya anak cucu kita tidak lupa dengan adat istiadat serta budaya,” pungkas Yeti.

Dan pada tahun ini dengan tradisi sedekah laut dapat memberikan makna yang hakiki, sesuai dengan adat budaya kepercayaan masing masing bahwa hakekat kehidupan ini adalah merawat alam dengan baik, karena sesungguh alam juga akan memberikan sesuatu rejeki yang melimpah jika kita mampu merawat dengan baik alam semesta ini. (@ries).


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url