Petinggi Desa Tigajuru Pimpin Acara Sedekah Bumi

JEPARA Merdekajayapos.com -  Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur bumi terhadap bumi yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Upacara ini sebenarnya sangat tenar di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

Acara sedekah bumi desa Tigajuru Mayong Jepara

Bertempat di Balai desa Tigajuru Mayong Jepara acara tersebut dihadiri oleh BPD, Ketua RT, ketua RW, LKMD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Toga dan tokoh adat pada Rabu 1 Juni 2022 yang bertepatan dengan hari lahir pancasila .

Acara dimulai dengan sambutan oleh petinggi desa Tigajuru Khambali, SH. Dan dilanjutkan dengan doa sebagai wujud syukur kepada Allah Swt. atas nikmat dan rezeki yang telah diberikan.

Toma, toga, todat, ketua RT, ketua RW, BPD dan LKMD saat sedekah bumi

Dalam sambutannya Petinggi Tigajuru Serka ( purn)  Khambali, S.H mengatakan, "untuk tahun ini acara dilakukan dengan sederhana untuk netepi syarat, semoga di tahun-tahun yang akan datang bisa dilaksanakan secara meriah seperti tanggapan wayang ketoprak atau pentas kebudayaan lain sehingga dapat menjadi hiburan untuk masyarakat".

Memang menurut pria berusia 40 tahun ini perlu diakui kegiatan sedekah bumi pada 2 tahun terakhir semenjak covid hampir tidak ada, sehingga harapannya setelah covid-19 ini ditetapkan sebagai endemi  kegiatan ini dapat dilangsungkan secara meriah karena selain hiburan acara-acara semacam ini juga menggiatkan ekonomi masyarakat,  dengan  cara "mremo" atau kegiatan berjualan pada saat ada tontonan.

 Keterpurukan ekonomi masyarakat akibat pandemi covid 19 semakin  membaik dengan adanya kegiatan ini.Vf (edi sulton).


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url