Usai Diterjang Banjir Bandang Wabup Serahkan Bantuan Warga Tunjungrejo Pati

PATI Merdekajayapos.com - Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Selasa (28/6), meninjau langsung kondisi terkini warga dukuh Panggung Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso Pati, usai diterjang banjir bandang yang terjadi pada Senin malam.

Diterjang Banjir Bandang 26 Rumah di Tunjungrejo Rusak

Kepala Desa Tunjungrejo menjelaskan, banjir bandang menerjang pemukiman warga pada pukul 22:23 WIB, dimana sebelumnya, hujan lebat turun pada pukul 21.00 WIB. 

Tak lama setelah hujan deras tersebut, sungai pun tak mampu menahan tingginya debit air, hingga tanggulnya jebol.

"Hujan deras habis itu tanggul langsung jebol. Jebolnya sekitar 30 meter. Yang paling terdampak di RT 02/RW 06. Dan ini tampaknya air kiriman dari atas Pegunungan Muria", jelasnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin langsung meninjau lokasi terjadinya banjir bandang. "Dengan kondisinya yang seperti ini, mari kita bantu masyarakat yang terdampak. Tadi juga ada dari Dinsos, kemudian dari PU juga mengerahkan alat dan bantuannya (alat berat dan bantuan-red). Mari sama-sama kita bantu karena kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa", tutur Saiful Arifin saat meninjau lokasi.

Wabup juga menambahkan, bahwa musibah ini sebenarnya pernah terjadi dua tahun yang lalu, dan hampir di tempat yang sama. 

Menurutnya, tanggul-tanggul sungai di wilayah Kabupaten Pati memang perlu adanya penguatan untuk mengantisipasi mungkinan jebolnya tanggul. 

Untuk masa tanggap darurat ini, Saiful Arifin menyebut jika penanganan sementara sudah dilakukan, mulai pengerukan material lumpur dengan dua alat berat, serta bambu yang nantinya akan dijadikan bronjong penahan tanggul sementara.

"Tetapi kita tetap berkoordinasi dengan BBWS dan itu tentunya akan kita coba perbaiki, dan moga-moga nanti malam tidak hujan. Tapi alat berat untuk penanggulangan sementara berjalan terus", terang Wabup. 

Secara simbolis bantuan dari Dinas Sosial pun diserahkan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin kepada korban banjir bandang tersebut.

Safin juga berpesan agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan selalu waspada, mengingat cuaca saat ini masih sering terjadi hujan dengan intensitas tinggi. (@ries).


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url