Hewan Unit Satwa, Zeppelin dan Berta Von Cantik Amankan G20 Meeting di Borobudur

Hewan Unit Satwa Pengawal Amankan G20

MAGELANG Merdekajayapos.com - Polda Jateng melakukan pengamanan ketat pada seluruh kegiatan G20 Culture Ministers' Meeting tahun 2022 yang di laksanakan di kawasan candi borobudur Magelang Indonesia. Sejumlah 1700 personil dilibatkan dalam pengamanan dan aktif untuk pastikan seluruh kegiatan G20 Culture Ministers' Meeting tahun 2022 dapat berjalan lancar. Tak hanya personil saja yang dilibatkan ada juga sejumlah hewan unit satwa yaitu Kuda dan anjing yang ikut terlibat dalam pengamanan G20 diantaranya bernama Zeppelin dan Berta Von Cantik Kuda dan Anjing Pelacak Unit Satwa Polres Magelang.

Hewan Unit Satwa Polres Magelang Ikut Amankan G20

Satwa satwa yang ikut dilibatkan dalam pengamanan G20 Culture Ministers' Meeting tahun 2022 adalah dua ekor kuda dan empat ekor anjing. Hewan Satwa  tersebut merupakan bagian dari Unit Satwa Polres Magelang. Hewan Satwa satwa itu merupakan hewan satwa ras terlatih yang sudah terpilih dan mempunyai kualifikasi tugas masing-masing.

“Dua hewan satwa Kuda yang dilibatkan merupakan kuda tunggang jenis Thoroughbreed, salah satu hewan ras kuda yang paling populer di dunia karena dikenal lincah, enerjik dan cepat. Mereka dalam even G20 sebelumnya di Magelang juga dilibatkan,” kata Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy di Magelang, Selasa (13/9).

Hewan Kuda Zeppelin dan Anjing Bertha Von Cantik

“Hewan Kuda bernama Zeppelin usia 16 tahun dan Quit Nice usia 18 tahun. Dua-duanya kuda jantan dan sudah terlatih,” tambahnya.

Sementara empat hewan anjing yang terlibat pengamanan, kata Iqbal, terdiri dari satu ekor rottweiler, satu ekor dobberman, satu ekor german shepperd dan satu ekor Belgian malinoise. 

Bertha Von Cantik merupakan anjing betina jenis rottweiler usia 6 tahun dan Bruno Von Ganas, anjing jantan jenis dobberman usia 6 tahun. Mereka punya kualifikasinya dalmas. Sedangkan Justin Von Krueger. Anjing jantan jenis german shepperd usia 6 tahun mempunyai kualifikasi pelacakan bahan peledak dan narkotika serta Theo Von Kligen anjing jantan jenis Belgian Malinoise usia 6 tahun yang mempunyai kualifikasi pelacakan jejak secara umum,” terangnya.

Sementara itu, Aiptu Ady Prasteyo, pawang senior di unit satwa Polres Magelang mengatakan dalam pengamanan pertemuan G20 di Magelang ini dirinya bertugas bersama empat orang pawang lain. 

“Ada tiga pawang K-9 dan dua pawang atau penunggang kuda yang standby. Setiap ada pergerakan kita berkoordinasi dengan Brimob atau atas perintah dari atasan,” kata polisi yang pernah bertugas di Timor-Timur, Aceh dan Papua ini.


@ries


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url