Mau Tahu Cara Bikin Panci Mengkilap? Begini Cara Bersihkan Panci Jadi Baru Lagi!


panci baru mengkilap
Panci Baru

Panci adalah salah satu alat dapur yang cukup penting di rumah tangga. Namun  masalah yang umum terjadi pada panci-panci di rumah adalah panci mudah terbakar dan gosong. Jika sudah begini, maka penampilan panci pastinya berwarna coklat hingga menguning bahkan gosong hingga muncul kerak. Untuk itu Anda harus tahu cara bikin panci mengkilap kembali dengan beberapa trik mudah. 

Cara Bikin Panci Mengkilap

Untuk membuat panci kinclong kembali Anda bisa melakukan beberapa cara dengan peralatan dan bahan sederhana yang bisa ditemukan di rumah. Berikut beberapa diantaranya. 

1.     Dengan Garam

Cara pertama Anda bisa memanfaatkan garam. Garam dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam penggunaan. Gunakan jenis garam Kosher kasar. Garam jenis ini cukup efektif untuk menghilangkan gosong pada panci dan noda yang berminyak.

Penggunaannya juga cukup gampang yaitu tinggal campurkan garam Kosher ke sabun cuci dan juga tambahkan air panas. Selain itu, Anda juga bisa langsung mencampurkan garam dengan potongan lemon yang berair ke bagian panci yang gosong. 

2.     Cuka dan Baking Soda

Panci baru dipakai sekali sudah langsung gosong karena cara memasak yang salah, Anda bisa atasi dengan menggunakan dua bahan yaitu cuka dan baking soda. Cara mengaplikasikan cuka dan baking soda yaitu dengan menambahkan air dan cuka putih lalu tuangkan ke panci. Sementara panaskan cuka encer di atas kompor sampai mendidih selama 1 menit.

Anda bisa angkat panci dari kompor lalu tuang cuka ke wastafel Dan tambahkan satu sendok makan baking soda ke panci yang sudah kosong. Baking soda adalah bahan yang punya sifat abrasi sehingga bisa menghilangkan bekas gosong di panci. Selain menghilangkan gosong pada panci baru dan panci lama, penggunaan soda kue juga bisa jadi alternatif untuk menghilangkan kerak di panci. 

3.     Minuman Bersoda

Minuman bersoda tidak hanya mampu menghilangkan haus dan dahaga karena rasanya lezat tapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan gosong pada pantat panci. Soda pada minuman tersebut punya sifat asam, yang dapat menghilangkan kotoran terbakar seperti misalnya gosong akibat karamel.

Cara penggunaannya dengan menuangkan sedikit saja minuman bersoda ke panci lalu didihkan dan kotorannya akan terkikis secara otomatis. Lakukan cara tersebut sampai gosong pada panci hilang seluruhnya.

4.     Cairan Pembersih Panci

Jika beberapa cara alami diatas belum bisa menghilangkan gosong pada pantat panci Anda bisa menggunakan alternatif lain. Cara bikin panci mengkilap lagi adalah dengan menggunakan cairan pembersih panci. Cairan ini disebut juga cairan pembersih khusus untuk alat-alat masak yang cukup susah dibersihkan karena kotoran yang membandel. 

Cairan pembersih ini menjadi alternatif untuk membuat panci kinclong kembali baik untuk panci besar maupun panci ukuran kecil. Cairan pembersih ini juga cukup multifungsi dan bisa Anda temukan di toko-toko kebersihan terdekat atau secara online. 

Jika gosong pada pantat panci anda tidak bisa diatasi dengan cairan pembersih juga maka alternatif lainnya adalah dengan membeli panci baru. Dapatkan panci dengan model terbaru dan juga harga termurah lewat Blibli. 

Itu tadi beberapa cara bikin panci mengkilap yang paling mudah dengan bahan-bahan yang juga sangat gampang ditemukan di rumah. Untuk mendapatkan panci dari berbagai ukuran dan jenis serta merek, Anda bisa membeli lewat Blibli. 

Blibli merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang menjual banyak produk kebutuhan rumah tangga dengan katalog terlengkap dan juga paling update. Kunjungi Blibli sekarang juga baik lewat aplikasi maupun website resmi.




Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url