Buka Seminar Apindo, Pj Bupati Harapkan UMKM Lokal Bisa Merambah ke Tingkat Nasional

PATI Merdekajapos.com - Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro membuka seminar yang diadakan (Apindo) Asosiasi Pengusaha Indonesia kabupaten Pati. dengan tema "Strategi Pengembangan UMKM dalam Bingkai Kearifan Lokal",. Pj Bupati harapkan dengan adanya seminar ini pegiat UMKM lokal dapat menerapkan strategi agar dapat meningkatkan dan merambah ke tingkat nasional.

Kegiatan seminar UMKM yang melibatkan para pegiat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pati ini digelar di Adelia Ballroom New Merdeka Hotel. Rabu (26/10).

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, menghadiri seminar Apindo di Adelia Ballroom New Merdeka Hotel. Rabu (26/10)

Pj Bupati Pati hadir dalam seminar dan memberikan sambutan. Sedangkan sebagai pembicara kunci (keynote speaker) ialah Ketua DPP Apindo Jateng Frans Kongi.

Selain itu, dihadirkan pula dua orang narasumber lain, yakni M Aditya Warman dari Dewan Pengawas BP Jamsostek serta Anggota DPR RI Sudewo.

Kembangkan UMKM Lokal Pati ke Tingkat Nasional

Sebelum membuka seminar, Henggar menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini, pihaknya harapkan UMKM lokal Pati UMKM lokal bisa merambah ke tingkat nasional.

Ia menyebut, UMKM lokal memang perlu disokong karena memiliki tiga peran krusial.

"Peran pertama ialah pemerataan kesempatan kerja dan mengurangi pengangguran. Kedua, penyumbang PDB (Produk Domestik Bruto) nasional di negara kita. Dan ketiga, menjadi jaring pengaman untuk masyarakat menengah ke bawah dalam menjalankan ekonomi produktif," paparnya.

Pemerintah daerah sendiri, lanjut Henggar, senantiasa mendorong pengembangan UMKM Pati melalui berbagai event.

"Beberapa event yang kita lakukan, tujuannya ialah untuk mendorong agar UMKM Pati lebih berkembang. Dengan demikian kita bisa branding Pati dan UMKM bisa tumbuh pesat," ucapnya. 

Secara khusus, ia juga menyinggung momentum perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2023 yang bakal digelar di Pati Raya, di mana Kabupaten Pati akan menjadi tuan rumah acara pembukaan dan tempat kompetisi untuk 12 cabang olahraga.

"Momentum ini jangan sampai terlepas. Rekan UMKM harus manfaatkan betul event tersebut. Kerja betul dalam event itu, sehingga orang penasaran dengan apa yang ditampilkan. Karena sangat memungkinkan sekali jika galeri UMKM digelar di venue-venue Porprov," paparnya. 

Pj Bupati pun berharap, dengan sinergi Pemkab, Apindo, dan pelaku UMKM, upaya mem-branding Pati akan kian efektif dan dengan sendirinya produk UMKM Pati lebih dikenal dan merambah ke tingkat nasional.

@ries


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url