Apel Gelar Pasukan PAM VVIP Presidensi G20 di Koarmada II Dipimpin Oleh Kasal

SURABAYA Merdekajayapos.com - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat, selaku Dansatgasla memimpin Apel Gelar Pasukan Satgasla TNI AL Dalam rangka Pam VVIP Presidensi G20 Tahun 2022, bertempat di Dermaga Madura, Ujung Surabaya. Kamis (04/11/2022).

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono memeriksa pasukan

PAM VVIP G20, Libatkan 3000 Personel TNI AL

Tujuan dari Apel Gelar Pasukan ini adalah untuk memastikan kesiapan dan kelengkapan seluruh prajurit Jalasena TNI AL sebelum melaksanakan tugas Pam VVIP Presidensi G20 di Bali yang dimulai dari tanggal 15 s.d. 17 November 2022. Pelaksanaan Pam VVIP G20 di Bali melibatkan 3000 Personel gabungan Koarmada I, II, III dan Pasmar, 12 KRI, 3 Unit Helikopter Panther dan 2 Unit Helikopter Bell. 

Kesiap Siagaan Pengamanan G20 Bali

Dalam amanatnya Kasal menyampaikan bahwa terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah merupakan suatu kehormatan bagi bangsa Indonesia dan menjadi tanggung jawab bersama untuk memastikan kegiatan G20 di Bali dapat berjalan dengan aman dan lancar. 

"Kejqadian sekecil apapun akan memalukan bagi bangsa Indonesia karena seluruh dunia akan melihatnya maka dari itu ditegaskan sekali lagi tugas pengamanan yang kita lakukan bukanlah tugas yang biasa karena harga diri bangsa dan negara dipertaruhkan di sini" lanjut Kasal.

Tak hanya itu, Kasal juga menyampaikan bahwa KRI yang berangkat ini adalah KRI yg siap tempur dan diulang kembali oleh Kasal KRI yang berangkat adalah KRI yang siap tempur lengkap dengan seluruh persenjataan yang dimilikinya. Dan kegiatan ini bukan latihan lagi karena persenjataan yang dibawa adalah rudal serta torpedo berkepala perang. 

Diakhir amanatnya, Kasal menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh personel prajurit Jalasena yaitu pertama awali setiap tugas dengan memanjatkan doa, kedua selalu update rencana operasi, ketiga yakinkan seluruh personel yang terlibat paham sepenuhnya terhadap rencana yang dibuat, keempat pastikan personel dan material lengkap, kelima pahami dan kuasai potensi-potensi ancaman serta persiapkan tindakan-tindakan yang tepat, dan terakhir patuhi rantai komando Jangan melakukan tindakan-tindakan di luar perintah.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan diakhiri dengan meninjau KRI R.E. Martadinata-331 dan KRI Karel Satsuit Tubun-356. Dilanjutkan dengan pelepasan KRI yang akan berangkat bertugas untuk PAM VVIP G20 di Bali. Pelepasan secara simbolis dilaksanakan kepada KRI Surabaya-591.


Laporan: Edi sulton

Sumber: Dispen koarmada II

Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url