Peringati HAB Ke-77 Merupakan Momentum Kuatkan Moderasi Beragama

JEPARA Merdekajayapos.com - Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Tahun 2022, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara menggelar Apel Pencananangan di Lapangan Sitinggil Jl. Ratu Kalinyamat, Jumat (18/11/2022).


Dalam kegiatan tersebut dihadiri Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq, Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kapolres Jepara AKBP Warsono Kasi Intel Kejaksaan Negeri Jepara Roni Indra, Kepala Perangkat Daerah, dan segenap tamu undangan.

Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta bertindak sebagai Pembina Apel dan sekaligus membuka HAB. Sedangkan pada laporannya Muh. Habib menyampaikan, berbagai kegiatan turut mewarnai HAB ke-77. Diantaranya, senam bersama, jalan sehat, donor darah, dan bakti sosial. Sedangkan puncak acaranya akan dilaksanakan upacara Bendera pada 3 Januari 2023.


Sementara itu, Edy Supriyanta dalam sambutannya mengatakan, atas kerjasama seluruh jajaran Kemenag serta stakeholder, ini merupakan ikhtiar dan kepedulian untuk membangun, mengembangkan Moderasi beragama di Jepara. 


Sejalan dengan itu, tahun 2022 juga dicanangkan sebagai Tahun Toleransi Indonesia, yang merupakan bentuk komitmen seluruh anak bangsa dalam merawat toleransi. Baik toleransi beragama, sosial, maupun politik.


Tujuannya untuk mengingatkan kembali kepada seluruh lapisan masyarakat Jepara memahami dan merawat 4 Pilar Kebangsaan. Yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.


"Dengan memahami 4 Pilar Kebangsaan, saya percaya kita akan memiliki suasana yang kental dalam kehidupan bermasyarakat dalam membangun Jepara yang lebih sejahtera,"katanya.


Untuk mendukung dan melaksanakan Program Penguatan Moderasi beragama, Pj. Bupati Jepara berpesan agar semua lini meningkatkan Komunikasi dan Koordinasi, karena fenomena saat ini sangat marak paham radikalisme dan ekstrimisme yang merongrong generasi penerus bangsa melalui kegiatan-kegiatan yang disusupkan melalui sekolah atau madrasah dengan cara yang sangat halus, sehingga anak-anak kita bisa tergelincir masuk ke dalamnya, tujuannya adalah memecah belah Negara Kesatuan Indonesia (NKRI).


 “Untuk itu, kami berharap, masyarakat dapat menjadi agen moderasi beragama,” ucapnya.


Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Jepara bersama Dandim 0719/Jepara, Kapolres Jepara menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada 9 siswa siswi berprestasi Tingkat Nasional serta 3 siswa-siswi Tingkat Internasional.


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url