Terapkan P5, Siswa SMA Muhammadiyah Randublatung Tanam Pohon Tabebuya

Siswa SMA Muhammadiyah Randublatung Blora melakukan penanaman pohon tabebuya sebagai penerangan P5

BLORA – Siswa SMA Muhammadiyah 3 Randublatung menggelar unjuk aksi dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). KegiatanPenerapan P5 yang dilakukan di sekitar sekolah SMA Muhammadiyah 3 Randublatung Blora berupa penanaman pohon Tabebuya.Kamis (16/2/2023 M, 25 Rajab 1444 H).

Siswa Tanam 100 Pohon Tabebuya

Unjuk aksi Penerapan P5 dilakukan dengan mengambil tema gaya hidup berkelanjutan dan subtema Penanaman 100 pohon Tabebuya. Ahmad Juwariyanto SPd mengatakan unjuk aksi penanaman pohon merupakan satu bentuk program penerapan/ implementasi Kurikulum Merdeka.

Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 kompetensi yang dirumuskan sebagai dimensi kunci ke 6 kompetensi tersebut saling berkaitan dan menguatkan sehingga upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila yang utuh. Ke 6 dimensi tersebut adalah :

6 Profil Penguatan Pelajar Pancasila

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia.
  2. Berkebhinekaan Global,
  3. Bergotong royong,
  4. Mandiri,
  5. Bernalar kritis,
  6. Kreatif.

Dimensi-dimensi tersebut menunjukan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai masyarakat Indonesia.

“Unjuk aksi penerapan P5 ini dilakukan oleh siswa kelas X, sebelumnya mereka melakukan persiapan selama satu pekan,” ungkap pak Ju.

Terapkan P5, Siswa SMA Muhammadiyah Randublatung Tanam Pohon Tabebuya
Siswa SMA Muhammadiyah Randublatung Blora menerima pengarahan dari koordinator P5

Pemahaman/ edukasi diberikan kepada para siswa pada hari kamis, 16 /2/ 2023 sebelum kegiatan penanaman pohon dilakukan. Juwariyanto, S.Pd. selaku Koordinator Proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang pertama kali memberikan arahan dan gambaran mengenai kegiatan yang akan dilakukan tentang penanaman pohon.

Setelah pengarahan diberikan selanjutnya para siswa diajak untuk menyiapkan bibit pohon yang akan ditanam. Para siswa dibantu pembimbing memindahkan bibit kedalam polybag.

“Semoga melalui kegiatan ini peserta didik, guru dan semua warga sekolah mendapatkan wawasan dan bekal tentang pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila selain itu mengurangi efek pemanasan global .” Pungkasnya. (Edi sulton)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan