TANAMAN CINCAU RAMBAT OBATI TYPUS SECARA ALAMI

Merdekajayapos. Jepara - Tanaman Cincau disebut juga "Cyclea Barbata L. Miers" tanaman cincau ini merupakan tanaman yang merambat dan termasuk dalam keluarga tanaman Menispermaceae.

Tanaman Cincau Rambat 

Nah pasti sudah pada tahu kan sekarang. Tanaman cincau rambat ini sering digunakan untuk minuman yang menyegarkan gaess, disamping itu ternyata tanaman cincau juga memeliki kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh kita.

Cara tanamnya juga cukup mudah kok gaes asalkan ada cukup air dan dikasih tempat untuk rambatan saja dia akan dengan mudah tumbuh, gak susah kan, seperti tamanan sirih yang juga sama sama merambat,  jadi kamu bisa tuh untuk menanam tanaman cincau rambat ini.

Cincau rambat dikenal dibeberapa daerah di Indonesia dengan nama camcauh, juju, tarawalu, dan kepleng. Tanaman yang memiliki daun yang khas, berwarna hijau, lembut cukup digemari masyarakat gaes.

Beberapa sifat kimiawi yang terkandung dalam tanaman cincau ini
diantaranya adalah kandungan karbohidrat yang dapat menyerap air, zat lemak dan alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradine, dimetil tenradine, polifenol, saponoid serta flavonoida, dikarenakan memiliki beberapa sifat kimiawi yang terdapat pada tanaman cincau rambat tersebut dapat berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita.

Cincau rambat memiliki rasa agak manis dan bersifat dingin. Efek farmakologis cincau rambat, di antaranya antidemam, antiracun, dan dapat menurunkan tekanan darah.

Rimpang dan daun cincau rambat dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut:

MENGOBATI DEMAM

Akar dari tanaman cincau ini dapat mengobati demam, dengan cara  :
Cuci akar cincau secukupnya sampai bersih, seduh dengan air panas, lalu saring.
Minum air saringannya sekaligus 1 kali sehari.

MENGOBATI RADANG LAMBUNG, TIFUS DAN PENYAKIT USUS

Daun Cincau dapat juga digunakan untuk mengobati sakit radang lambung, tifus dan penyakit usus dengan cara  :
Cuci bersih 50 g daun cincau rambat segar. Remas-remas daun tersebut di dalam 4 gelas air matang, peras, lalu saring.
Tambahkan 5 sendok teh gula pasir lalu biarkan sampai mengental seperti agar agar, kemudian potong agar-agar cincau menjadi kecil-kecil lalu makan cincau tersebut seperti minum es buah.
Lakukan 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

MENGOBATI TEKANAN DARAH TINGGI

Daun Cincau dapat mengobati tekanan darah tinggi dengan cara  :
Remas-remas daun cincau rambat secukupnya dengan dicampur air secukupnya sampai airnya berubah menjadi hijau.
Tambahkan gula Jawa secukupnya lalu biarkan menjadi agar-agar. Kemudian potong agar-agar cincau menjadi kecil-kecil lalu makan cincau tersebut seperti minum es buah.
Lakukan 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

PENCAHAR ALAMI

Daun Cincau dapat juga sebagai pencahar alami dengan cara  :
Cuci bersih daun cincau rambat 50 gr, remas-remas daun tersebut dengan 4 gelas air matang  lalu saring dan 5 sendok gula pasir lalu biarkan sampai mengental. Kemudian potong agar-agar cincau menjadi kecil kecil seperti mini es, lakukan 3 kali sehari masing-masing 1 gelas

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika berminat kami juga menyediakan bibitnya  yang siap melengkapi tanaman obat Anda di rumah.

Abdul Roub, S.Ag sebagai Pemerhati Tanaman Herbal  Jepara yang sekaligus  Pemilik Usaha Green Herbal Jepara yang mengelola Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Mitra Karya mengajak Anda untuk belajar lebih dekat tentang teknik pembibitan tanaman herbal, pengolahan bahan jamu melalui Pelatihan.

Silahkan anda mengunjungi tempat pelatihan kami yang beralamat di Rt. 04 Rw. 01 Desa Kalipucangwetan kecamatan Welahan kabupaten Jepara Hp. +6289 859 10564
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url