Jamaah Masjid At Taqwa Sumanding Ciptakan Alat Permudah Menyembelih Hewan Kurban

 

Alat penyembelihan hewan masjid At Taqwa Sumanding

Merdekajayapos.com JEPARA - Bermula untuk mengatasi kesulitan dalam menyembelih hewan kurban di hari raya idul adha dan  menyembelih hewan dengan cara tradisional dirasakan kurang cepat dan terkesan memperlakukan hewan dengan kasar. Kepedulian jamaah masjid At Taqwa Sumanding Kembang Jepara dalam mengamalkan sunah penyembelihan hewan maka terciptalah sebuah alat untuk mempermudah penyembelihan hewan.

  • Atas Usulan jamaah, dan merupakan hasil kajian tentang tuntunan sunah dalam menyembelih, hewan kurban harus diperlakukan dengan Ihsan serta tidak menyakiti. Hal ini merupakan kajian tuntunan kurban yang saya sampaikan selaku pengampu kajian rutin Masjid At Taqwa Sumanding. 

  • Maka kami menciptakan alat untuk menyembelih hewan kurban yang sangat mangkus /efektif dan sangkil /efisien waktu dalam merebahkan hewan kurban. Membantu mengamalkan penyembelihan Sesuai sunah , karena hewan kurban diperlukan dengan ihsan" Ujar KH. Sukahar pengampu Masjid At Taqwa Sumanding Kembang Jepara. Rabu 21/7/2021 M, 11 Dzulhijjah 1442 H.

Hanya dengan 4 orang bisa menyembelih sapi dengan alat ini

Menurut ustaz Sukahar alat ini Sangat aman, minim resiko seperti luka، atau stres karena terjatuh. " Dengan alat ini tenaga yang dibutuhkan cukup 4 orang, 2 orang mengatur tali, dan 2 orang memegang alat, jika dengan tenaga manusia membutuhkan 6 atau 7 orang. Dan masih ada resiko sapi menendang orang. Kalau dengan alat ini gerak sapi terbatas " terangnya.

Ciptakan Alat Permudah Menyembelih Hewan Kurban

Pembuatan Alat Permudah Untuk Menyembelih Hewan Kurban menghabiskan Dana Rp. 1.500.000

Alat inipun hanya menghabiskan dana sekitar Rp.1.500.000. Dikerjakan sendiri oleh ketua panitia kurban masjid At Taqwa Sumanding  Slamet Pramono yang sudah berpengalaman dalam dunia las listrik. Apabila dikerjakan oleh jasa  tenaga bengkel biaya bisa Sampai Rp.3000.000.


Kontributor: Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url