Bermula Dari Suka Minum Susu, Pemuda Asal Plajan Kembangkan Susu Pasteurisasi


Merdekajayapos.com JEPARA - Bermula karena kebiasaan menikmati susu segar ketika kuliah di Bandung dan Waktu kembali ke Jepara susah mencari susu segar karena sangat jarang yang berjualan susu segar. Bondan Purworo Atmojo  memiliki gagasan untuk berjualan susu segar.

Dengan mengeluarkan  nama Milky, Bondan memulai usahanya. Milky adalah susu segar pasteurisasi. Selain itu juga pemuda asal desa Plajan Pakis Aji Jepara  juga menjual  susu segar, milky juga menyediakan karya cipta olahan dari susu seperti yogurt stick dan yogurt drink. Dan kedepannya  berencana berinovasi dan menghasilkan produk-produk olahan dari susu.

" Saya  berjualan susu segar pada tahun 2020, saat itu masih hanya melayani pre order dan berjualan secara daring, alhamdulillah pada tahun 2021 ini bisa membuka kedai susu segar di Jepara dengan nama Milky Space. Semoga segera dapat menambah gerai lain sehingga mempermudah bagi pelanggan yang mencari susu segar", ujar Bondan sapaan akrabnya, Jumat 13/8/2021.

Pemuda Asal Plajan Jepara Kembangkan Susu Pasteurisasi 

Para pelanggan saat di gerai susu pasteurisasi Milky

Bondan menjelaskan kenapa dia memproduksi susu olahan, pria yang pernah kuliah di ITB ini menjelaskan selain karena kesukaan akan minum susu, juga karena rasa prihatin kurangnya masyarakat mengkonsumsi susu. 

" Berdasarkan data BPS (badan pencatatan statistik) tingkat konsumsi susu Indonesia terutama Jepara masih sangat rendah. Selain itu saat ini pilihan minuman sehat yang nikmat bagi anak kecil dan juga remaja sangat kurang" imbuh Bondan.

Saat ini Bondan memasarkan produk di gerainya Jl. Wahidin 7 Pamatan Jepara , selain itu dipasarkan  secara daring lewat media sosial. Namun kini milky sedang mengembangkan pemasaran secara luring melalui sales keliling. Masyarakat Jepara dapat berlangganan dan diantarkan secara gratis ke rumah oleh para sales keliling milky.

" Kami harap ini bisa memudahkan pelanggan, selain itu milky juga membuka peluang usaha tanpa membutuhkan modal yang besar dengan cara bergabung menjadi agen/reseller salah satu produk milky yaitu “ Milky Yoo Stick ” terang Bondan.

Dalam memproduksi ini Bondan mendapatkan susu segar yang baru diperah langsung dibawa ke Milky space di Pamatan Jepara lalu diolah di sana untuk kemudian dijual di kedai atau di pasarkan oleh tim sales keliling ke sekitar area Jepara. 

" prospeknya sangat bagus, seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan baiknya mengkonsumsi susu selama pandemi dan juga hidup sehat. Tanggapan masyarakat baik, saat ini sudah ada yang menjadi pelanggan tetap dan membeli susu secara rutin" pungkas Bondan.

Dari usahanya ini Bondan berharap usahanya bisa memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengkonsumsi susu dan juga dapat membuka lapangan pekerjaan khususnya di masa pandemi.


Kontributor: Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url