Hargai Cabai Murah, PD Aisyiyah Jepara Beli Di Petani Diatas Harga Pasar

Umi kulsum dari Aisyiyah Jepara saat beli cabai di sawah

Merdekajayapos.com JEPARA-  Panen raya menghasilkan hasil pertanian menjadi melimpah sudah pasti harga barang pertanian menjadi murah. Hal ini dialami oleh Fauzi petani cabai asal desa Bantengmati Mijen Demak.

Murahnya harga cabai sudah pasti membuat petani resah. Untuk itulah Pimpinan daerah Aisyiyah Jepara sebuah Ortom ( organisasi otonom) Muhammadiyah Jepara mencoba membantu membeli harga cabai di atas harga umum. 

Kamis 25/8/2021 M, 18 Muharram 1443 H. PDA Jepara melakukan panen raya dan pembelian cabai milik Fauzi di desa Bantengmati Mijen Demak. 

Kusnitah dari LLHPB bersama relawan memetik cabai di petani

Hadir dalam acara tersebut kepala dinas pertanian Demak Agus Herawan, PDA Jepara yang diwakili MEK DA ( majelis ekonomi daerah Aisyiyah) Jepara Umi Kulsum , ketua LLHPB ( Lembaga lingkungan hidup dan penanggulangan bencana) Kusnitah dengan anggota Siti Rohmah, perwakilan LAZISMU Jepara Rahmi Yuniwati, perwakilan PDA Demak beserta relawan PDA Demak dan perwakilan LAZISMU Demak.

Umi Kulsum dalam sambutannya menjelaskan maksud dan tujuan dari PDA Jepara adalah membeli cabai dari petani yang saat ini mengalami penurunan harga yang cukup mencolok karena harga pasar saat ini Rp. 4000 dan  PDA Jepara membeli dengan harga Rp. 6.500 dengan sedikit selisih rupiah diharapkan bisa mengangkat harga cabai sehingga bisa mengurangi kerugian yang dialami Fauzi sebagai petani cabai.

" Jangan khawatir dan putus asa pak Fauzi, semoga kita bisa berselaras dan bekerja sama saat ini untuk menjadi ikhlas. Untuk cabai merah sendiri  bisa diawetkan dengan dikukus dan dikeringkan sampai kering dan disimpan dalam wadah tertutup " ujar Umi.

Fauzi sebagai petani yang dibantu oleh gerakan PDA Jepara ini mengucapkan terimakasih kepada PDA Jepara. " Terima kasih kepada PDA Jepara dan semua yang hadir telah membantu dengan membeli cabai kepada kami dengan harga di atas harga pasar. Memang bagi kami sebagai petani seringkali ketika panen harga anjlok dan menjadikan pendapatan petani menurun meski punya banyak cabai. Semoga hal ini bisa menjadi berkah dan manfaat untuk keluarga dan petani sekitar " ujar Fauzi.

Dalam panen ini PDA Jepara membeli sebanyak 620 kg dari 12 kuintal yang dipanen oleh petani, namun hal ini sangat membantu dari petani itu sendiri.


Kontributor: Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url