Penanganan Covid-19 Di Semarang Dan Sekitarnya, KRI dr. Soeharso- 990 Pasok Ratusan Ribu Liter Oksigen

Oksigen yang dipasok TNI AL lewat KRI dr. Soeharso- 990

Merdekajayapos.com SEMARANG- Setelah Jawa Timur, TNI Angkatan Laut juga memberikan bantuan pasokan oksigen kepada Jawa Tengah yang mengalami krisis oksigen karena melonjaknya kasus Covid-19 di wilayah tersebut. 

Bantuan TNI AL diberikan melalui Koarmada II yang mengerahkan KRI dr. Soeharso-990 sebagai depo pengisian ulang oksigen bagi masyarakat maupun rumah sakit di wilayah Semarang Raya. 

KRI SHS-990 yang sandar di Pelabuhan Tanjung Emas sejak Rabu (28/7), secara rutin melaksanakan bantuan suplay oksigen kepada rumah sakit di wilayah Semarang Raya. Kapal bantu rumah sakit TNI AL ini menyerahkan tabung oksigen ukuran 6.000 Liter sebanyak 15 tabung kepada RSUD Tugu Rejo melalui Dinkes Kota Semarang. Juga menerima tabung oksigen kosong ukuran 6.000 Liter sebanyak 20 tabung milik RSUD Banyumanik 2 yang akan diisi ulang.

"Sampai dengan saat ini KRI SHS-990 telah memberikan bantuan oksigen kepada rumah sakit di wilayah Semarang Raya sekitar 226.000 Liter, " tutur Komandan KRI dr. Soeharso-990 Letkol Laut (P) Choirul Arif, pada Minggu 1/8/2021.

Prajurit Lanal Semarang menurunkan oksigen dari KRI dr. Soeharso- 990

Lebih lanjut dikatakan Letkol Choirul,  KRI dr. Soeharso berada di Kota Semarang hingga suplai kebutuhan oksigen di Jawa Tengah terpenuhi. Tapi menurutnya sesuai perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M., bahwa tidak menutup kemungkinan kapal juga dikirim selain ke Pulau Jawa. "Saat ini konsentrasi bantuan oksigen masih di Pulau Jawa," ujarnya. 

Sementara itu Pangkoarmada II Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) secara terpisah menegaskan bahwa TNI AL dalam hal ini Koarmada II tidak memprioritaskan bantuan pasokan oksigen hanya untuk wilayah Jatim, tetapi juga ke wilayah di luar Jatim. “ Tidak, Kita tidak memprioritaskan hanya untuk Jatim atau Surabaya tapi sepanjang kita bisa mengirimkannya pasti akan kita bantu, “ tegasnya.


Kontributor: Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url