Pernah Rugi Akibat Terbakar, Warga Tanjung Pakis Aji Jepara Jadi Pemasok Seragam Ormas

Budiono Mashudi saat menjahit doreng Kokam

Merdekajayapos.com JEPARA - Pernah mengalami rugi besar akibat toko dan tempat usahanya di pasar Kliwon Kudus terbakar. Budiono Mashudi berupaya bangkit dan memulai usaha di kampung kelahirannya di desa Dorang Nalumsari Jepara. 

Budiono menjadi  salah satu produsen  mulai tahun 2018 yang dipercaya untuk membuat seragam KOKAM ( komando kesiapsiagaan angkatan muda Muhammadiyah).

"  Ada hikmah dari kejadian ruginya saya akibat terbakarnya pasar Kliwon Kudus yang berakibat hancur usaha saya. Saya aktif di kokam Jepara jadi pertemanan semakin banyak. Dan  juga bergabung dengan teman - teman kokam nasional . Dan  ada muktamar di Yogyakarta saya mulai mendapatkan pesanan banyak seragam KOKAM " ujar Budiono, Kamis  12/8/2021 M, 3 Muharram 1443 H.

Pria yang sekarang tinggal di Tanjung RT 13 RW 2 Pakis Aji Jepara ini mengaku mendapatkan pesanan seragam KOKAM dari Teluk Bintuni Papua, Aceh dan Lampung Sumatera. 

" Akhir 2019 ada putusan dari PP Pemuda Muhammadiyah untuk membuat seragam KOKAM nasional sesuai buku panduan yang sudah ada selama ini yaitu 5 warna. Kebetulan saya kenal beberapa anggota BPO KOKAM nasional yang mengurusi di bagian logistik yang mau dibuat untuk mengatur seragam baru supaya satu pintu. Dan Alhamdulillah nego berhasil dan saya menjadi salah satu pembuat/ produsen pengerjaan seragam resmi dari divisi logistik mabes KOKAM yang meliputi seragam PDS ( pakaian dinas siaga), PDL ( pakaian dinas lapangan), PDH ( pakaian dinas harian) serta kaos" imbuh suami Anjiroh.

Untuk bahan menurut Budiono dipasok langsung dari dari pusat dan setelah jadi Budiono mengirim ke pusat. Selain itu juga Budiono bisa menjual dengan administrasi tercatat serta mendata siapa yang pesan dan setiap seragam disisihkan ke kas KOKAM nasional. 


" Khusus untuk KOKAM Jepara setiap pembelian apapun seragamnya disisihkan untuk kas KOKAM Jepara. Dalam menjalankan usaha ini saya dibantu oleh istri saya dan beberapa karyawan. Selain itu juga saya menerima pesanan seragam selain KOKAM di Tanjung " pungkas Budiono. 


Kontributor: Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url