Prajurit KRI dr Soeharso-990 Bersama Babinpotmar Lanal Semarang Kompak Bantu Kebutuhan Oksigen Di Semarang Dan Sekitarnya

Babinpotmar lanal Semarang menurunkan oksigen dari KRI dr Soeharso

Merdekajayapos.com SEMARANG- KRI dr.Soeharso-990 sebagai bagian dari Satgas Bantuan Oksigen TNI AL Koarmada II saat ini di Pelabuhan Tanjung Emas untuk membantu pasokan oksigen bagi rumah sakit di wilayah Semarang Raya, tidak lepas dari dukungan dan kerja sama yang diberikan oleh personel Babinpotmar dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Semarang.

Bantuan Oksigen TNI AL Koarmada II di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Seperti yang terlihat pada Minggu 8/8/2021, beberapa personel Babinpotmar telah bersiap di sejumlah pos untuk membantu proses pengisian tabung oksigen.  Dimulai dari pos pendaftaran dan screening, kemudian menaikkan oksigen ke geladak kapal dengan menggunakan crane, hingga menurunkan kembali dan siap dibawa oleh pihak rumah sakit.

“Ada beberapa tahap dalam proses pengisian ulang tabung oksigen di KRI SHS, diawali dengan proses pendaftaran dan pendataan kemudian setelah beberapa tabung kosong terkumpul lalu dibawa mendekati titik angkut, untuk selanjutnya dengan menggunakan crane ,tabung-tabung tersebut diangkut ke atas geladak lalu oleh petugas yang berjaga dibawa menuju generator oksigen untuk proses isi ulang. Setelah terisi kemudan dibawa turun kembali menggunakan crane dan siap dibawa pihak rumah sakit,” terang Komandan Satgas Bantuan Oksigen TNI AL Koarmada II Kolonel Laut (P) Agus Hariyanto di tempat terpisah.

Menurutnya kelancaran proses pasokan bantuan oksigen selama ini memang tidak lepas dari kekompakkan dan kerja sama yang terjalin antara prajurit KRI dr.Soeharso-990 dengan personel Babinpotmar Lanal Semarang  jajaran Lantamal V, yang notabene termasuk wilayah kerja Koarmada II juga dukungan dari pihak Pelabuhan Tanjung  Emas sendiri.

Lebih lanjut Agus menambahkan jika sampai hari Minggu (8/8) ini tercatat 987 M3 oksigen sudah diberikan kepada sejumlah rumah sakit dan Dinkes Semarang. Sedangkan untuk posko bantuan di kawasan pertokoan Jalajaya Surabaya, jumlah tabung yang terisi ulang sudah sekitar 450-an tabung.

“Sebagaimana instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) yang selaras dengan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. , dengan mengedepankan totalitas maka Satgas akan terus beroperasi membantu terpenuhinya kebutuhan oksigen untuk percepatan penanganan Covid-19 khususnya di wilayah Jatim dan Jateng,” tegas Agus yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan KRI Arun-903.


Kontributor: Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url