Dinas Perikanan Jepara Serahkan Bantuan Geomembran Kelompok Usaha Garam Rakyat Al Ishlah

Penyerahan bantuan Geomembran dari dinas perikanan Jepara kepada kugar


Merdekajayapos.com JEPARA- Salah satu inovasi pada saat ini,  mulai digunakan oleh para petambak garam adalah menggunakan alas geomembran. Alas tambak garam yang dinilai cocok untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas garam. Terkait dengan hal itu maka  para kelompok usaha garam rakyat (KUGAR) sangat membutuhkan alas tersebut.

Salah satu KUGAR bernama Al Ishlah diketuai oleh Syaichul Mubarok beralamat di Kedungmalang RT 8/RW 3 Kedung Jepara, Rabu 15/9/2021 telah menerima bantuan geomembran dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah sejumlah 33 rol untuk memenuhi kebutuhan alas tambak para anggotanya. 

Agar penyaluran ke kelompok teratur dan membutuhkan pengarahan, maka diputuskan oleh ketua kelompok, mengadakan perkumpulan rutin KUGAR yang telah lama sempat terhenti karena pandemi,  "Kami butuh arahan dari Dinas Perikanan Kabupaten Jepara, sehingga anggota paham betul fungsi dan manfaat geomembran,” Syaichul mengawali acara.

Jumat 17/9/2021 ditetapkan sebagai waktu yang tepat karena jumat adalah waktu senggang para anggota KUGAR, dihadiri oleh kepala Dinas Perikanan Jepara Wasiyanto didampingi Kabid Usaha Peningkatan Mutu Hasil Perikanan Deny Ana I’tikafia, Kasi Pengembangan Usaha Sepadyarini dan Penyuluh Perikanan Muhammad Ikhwan.

Pertemuan dari dinas perikanan Jepara dengan kugar Al Ishlah

Mengawali pembukaan acara, dipandu oleh Muhammad Ikhwan, menyatakan, ”Pertemuan rutin tiap bulan perlu digalakkan kembali, dengan tetap patuhi protokol kesehatan, sehingga mengetahui apabila ada info terbaru dan penting, cepat diketahu dan dipraktekkan,”ungkapnya.

Acara dilanjut pengarah kepala Dinas Perikanan Jepar dalam arahannya mengatakan. ”Nama Al ishlah memiliki arti kedamaian, agar bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, dimanfaatkan semaksimal mungkin dan tidak disalahgunakan, protokol kesehatan juga tidak henti ditaati  tiap saat, tidak boleh lengah".

Lebih lanjut dalam arahannya kepala dinas perikanan mengatakan "Selain nguri-uri kelompok, pemasaran juga harus diperhatikan dan sebaiknya bergabung dengan koperasi mina setempat yang tentunya sangat berfungsi untuk kemajuan dan peningkatan kesehahteraan".

Acara diakhiri dengan penyerahan secara simbolis bantuan geomembran dari Kepala Dinas Perikanan kepada ketua KUGAR Al Ishlah.


(Edi Sulton)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url