Pejabat HoM/FC UNIFIL Terkesan Saat Berkunjung Ke KRI Sultan Iskandar Muda-367

Foto bersama pejabat Unifil saat di KRI SIM-367


Merdekajayapos.com SURABAYA- KRI Sultan Iskandar Muda-367 kembali menuai pujian. Ini dikarenakan kapal perang dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II tersebut, memberi kesan luar biasa bagi _Head of Mission/Force Commander_ (HoM/FC) UNIFIL Mayor Jenderal Stefano Del Col.

Begitu juga dengan pejabat UNIFIL lainnya yakni _Maritime Task Force_ (MTF) _Commander_ Rear Admiral Andreas Mugge,_Chief of Staff Maritime Task Force_ (MTF) UNIFIL Kolonel Laut (P) Binsar Sitorus, S.E. ,dan _Chairman of Advisory Committee on Administrative and Budgetary Questions_ (ACABQ) atau Ketua Delegasi ACABQ Mr. Abdallah Bachar Bong, saat melaksanakan kunjungan ke KRI SIM-367 di Beirut, pada Selasa 14/9/2021.

Bagi Mayjen Stefano Del Col,  ini adalah kunjungan pertama kalinya di KRI SIM-367. Ia amat berkesan dan mengapresiasi tinggi atas sambutan, profesionalisme dan semangat dalam tugas yang telah ditunjukkan seluruh prajurit kepadanya dan seluruh tamu yang hadir.

Untuk menyambut para tamu,  Komandan KRI SIM-367 sekaligus Komandan Satgas MTF XXVIII-M/UNIFIL Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S. menyiapkan Tari Saman yang dibawakan oleh prajurit KRI SIM-367. Dengan protokol kesehatan yang ketat, kunjungan dilanjutkan dengan ship tour ke beberapa pos tempur KRI SIM-367. 

Tamu dari Unifil disambut tarian oleh prajurit KRI SIM- 367

Menurut Mayjen Stefano Del Col, KRI SIM-367 memiliki keunggulan dalam melaksanakan pelatihan Maritime Interdiction Operation (MIO) untuk Angkatan Laut Lebanon, dan peran aktif serta kehadiran mereka di laut menjadi pemandangan yang akrab dan menghibur bagi masyarakat Lebanon. 

Sementara Maritime Task Force (MTF) Commander, Rear Admiral Andreas Mugge mengungkapkan hal senada. “_Bravo Zulu kepada KRI SIM-367 telah menjadi tuan rumah acara yang baik dengan kehadiran HoM/FC UNIFIL bersama dengan anggota ACABQ dan Duta Besar di kapal Anda_, GARUDA!,” ujarnya. 

Menanggapi apresiasi dari dua pejabat utama UNIFIL tersebut, Abdul Haris selaku Dansatgas mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk keberhasilan diplomasi militer TNI Angkatan Laut. 

"Keberhasilan tersebut sejalan dengan kebijakan strategis Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., agar Satgas selalu menjalin hubungan baik dengan negara sahabat sebagai implementasi Peran Diplomasi TNI AL di mata dunia internasional, " terang Abdul Haris. 

Ia pun menambahkan jika hal ini juga selaras dengan imbauan Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P,M.Tr.(Han), jika unsur-unsur Koarmada II yang dipercaya mengemban misi internasional harus profesional dan mampu menampilkan yang terbaik di setiap penugasan. 


( Edi Sulton )

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url