Prajurit Korps Wanita TNI AL Ikuti Pengukuhan dan Upacara Tradisi Penerimaan di Kodiklatal

Laporan upacara pengukuhan Kowal


Merdekajayapos.com SURABAYA- Prajurit Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) resmi bertambah setelah 221 prajurit Kowal mengikuti pengukuhan dan upacara tradisi penerimaan Kowal yang dipimpin langsung Pabandya Bin Kowal Letkol Laut (KH/W) Rinanda Sintasari, S.Sos, M.Tr. A.P. di gedung Moeljadi Kesatrian Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Bumimoro Surabaya, Selasa, 14/9/2021. 

Ke-221 prajurit Kowal ini terdiri 11 orang Perwira Remaja wanita lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-66, 5 orang Perwira Remaja wanita Dikmapa PK Angkatan ke-28/A, 205 Bintara Remaja wanita Dikmabawan Angkatan ke-40 Gelombang 1 dan Dikmabawan Angkatan ke-40 Gelombang 2. 

Hadir dalam pengukuhan dan upacara tradisi penerimaan Kowal seluruh Perwira Tertua (Pater) Kowal Wilayah Surabaya, Komandan Kesatrian Kowal Laksamana Malahayati, Komandan Resimen Taruni AAL dan Komandan Skuadron 700 Puspenerbal serta para perwira senior Kowal.

Acara diawali dengan penghormatan kepada Pemimpin Acara oleh Komandan Acara  yang dijabat Kapten Laut (PM/W) Karyati, laporan kepada Pemimpin Acara, menyalakan obor dan lilin oleh Pimpinan Acara yang diserahkan kepada perwakilan warga baru Kowal, pembacaan sajak oleh perwira senior, peresmian penerimaan warga baru oleh Pimpinan acara, amanat Pimpinan Acara dan di akhiri dengan Doa. 

Penyalaan lilin sebagai tanda pengukuhan Prajurit Kowal

Pabandya Bin Kowal Letkol Laut (KH/W) Rinanda Sintasari, S.Sos, M.Tr. A.P. dalam amanatnya menyampaikan suatu kehormatan dan kebanggan bagi dirinya sebagai Pabandya Bin Kowal yang dapat menjadi bagian dalam acara yang memiliki historis sangat dalam tradisi penerimaan Korps yang pada hekekatnya merupakan pengakuan secara resmi penerimaan Perwira Remaja dan Bintara Remaja sebagai personel baru dalam keluarga besar Kowal.

Menurutnya penerimaan Korps merupakan langkah awal pembinaan personel Kowal yang bertujuan membentuk sikap mental dan perilakunya sebagai seorang prajurit wanita, menanamkan jiwa korsa dan rasa tanggung jawab untuk senantiasa menjunjung nama baik Korps.

Disisi lain kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya melestarikan tradisi kekhasan dan nilai-nilai luhur yang tumbuh dan berkembang di lingkungan Kowal. Kehadiran Paja dan Baja baru menggambarkan regenerasi yang tumbuh di lingkungan Kowal, dan tentunya  menjadi kebanggaan sekaligus harapan bagi kemajuan Kowal kedepannya.

Adapun menjadi pajurit matra laut dalam hal ini Kowal adalah sebuah pilihan dan sekaligus anugerah yang wajib dan harus dipertanggungjawabkan, kehadiran Kowal dalam jajaran TNI AL merupakan kebanggaan bagi seluruh anggota Kowal. Ke depan para prajurit remaja Kowal ini harus memiliki sikap mental yang tangguh, tanggap, tanggon dan trengginas. Siap ditempatkan dimana saja dan medan penugasan apa saja, selalu kreatif dan inovatif dengan tidak pernah lelah dan selalu terus belajar dan mengisi diri.


Kontributor: Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url