Taruna AAL Satlat KJK 2021 Kunjungi Patok 3 Tapal Batas Indonesia-Malaysia Sebatik

Merdekajayapos.com NUNUKAN - Manfaatkan waktu Sandar KRl Bima Suci di pulau berbatasan dengan negeri tetangga, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Tingkat lll Angkatan ke-68, Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2021 berkunjung dan melihat dari dekat Patok 3 tapal batas Wilayah Indonesia-Malaysia di Kampung Aji Kuning, Sebatik Utara Kab. Nunukan, Rabu 15/9/2021.

Menurut Perwira Pelaksana Latihan KJK 2021, Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan, M.Tr.Opsla., mengatakan bahwa 89 Taruna AAL Tingkat III Angkatan 68 ini tengah menjalankan misi pelayaran 99 hari keliling nusantara dengan moto "Mengeliling Negeri Teguhkan Karakter".

Taruna AAL saat di patok 3 Aji kuning

"Setelah sandar di Dermaga Pos TNI AL Sei Pancang, Sebatik dua hari lalu, kita berikan kesempatan kepada para Taruna untuk melihat lebih dekat Patok 3 tapal batas Indonesia-Malaysia, sebagai pembelajaran sekaligus menguatkan jiwa nasionalisme untuk menjaga kedaulatan wilayah NKRI," terangnya.

Menurutnya, dalam KJK 2021 ini, selain Taruna melaksanakan latihan praktek tentang navigasi astronomi serta navigasi lingkaran besar, ketika bersandar seperti di Sebatik ini, mereka  juga melaksanakan kegiatan bakti sosial sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Kesempatan ini lanjutnya, Taruna juga melaksanakan promosi ke sekolah-sekolah untuk menarik minat para pemuda di tapal batas negeri ini agar bergabung dan mengabdikan diri kepda bangsa dan negara melalui TNI AL.


(Edi Sulton)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url