Dandim 0719/Jepara Ikuti Penanaman Pohon Mangrove Dalam Program Polda Jateng Mageri Segoro

Dandim Jepara tanam pohon mangrove

Merdekajayapos.com | Jepara – Dalam rangka mendukung program “Polda Jateng Mageri Segoro” Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang, S.E. M.I.Pol mengikuti kegiatan penanaman pohon mangrove di Pesisir Pantai Tanggul Tlare, di Kecamatan kedung. Selasa (12/10/2021).


Sebelum pelaksanaan kegiatan penanaman terlebih dahulu dilakukan apel penyerahan bibit pohon mangrove yang dipimpin langsung oleh Kaplores Jepara AKBP Warsono, S.H., S.I.K., M.H, dan diikuti jajaran Forkopimda Kabupaten Jepara, Ketua Pengadilan Negeri Danardono, S.H. M.H, Ketua Pengadilan Agama Dr. Rifai, S.Ag. S.H. M.H, Perwakilan dari DLH Jepara, Muspika Kecamatan Kedung, Perwira Staf Polres Jepara, Personil Kodim 0719/Jepara, Personil BPBD Jepara, Perwakilan Mapala (Mahasiswa Pencinta Alam) dan Perwakilan Kelompok Nelayan.


Sesuai melaksanakana apel penyerahan bibit dilanjutkan dengan penerian bakti sosial kepada kelompok nelayan dan masyarakat di pesisir pantai sebanyak 100 paket sembako.

Dalam kesempatannya Kapolres Jepara AKBP Warsono, S.H.,S.I.K.,M.H menyampaikan dalam rangka memelihara ekosistem lingkungan hidup dan mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional, maka Polda Jateng menginisiasi program “Mageri Segoro” dengan arti memberikan pagar lautan di wilayah pesisir laut seluruh jajaran Polda Jawa Tengah.


“Dimana kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dalam penghijauan pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir sejalan dengan program tersebut Polres Jepara beserta pemerintah daerah Kabupaten Jepara, stake holder dan komunitas pecinta lingkungan, bersama-sama mensukseskan kegiatan melalui penanaman pohon mangrove di pesisir pantai Tanggu Tlare,” kata Kapolres.


Selain itu, dengan penanaman pohon mangrove ini sangat penting guna menekan abrasi, membentuk lahan baru menyediakan makanan bagi hewan laut sebagai sumber keanekaragaman hayati dan penting untuk menjaga kestabilan ekosistem pantai dan sebagai tindakan preventif dan preemtif dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya perairan laut terhadap setiap aktivitas yang mengancam kerusakan lingkungan dan sumber daya laut pesisir pantai.


“Untuk itu, saya selaku Kapolres Jepara mengajak kita semua baik elemen masyarakat, komunitas pecinta lingkungan terutama masyarakat di pesisir pantai dapat menjaga dan memelihara mangrove untuk kemanfaatan masyarakat serta dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dalam kepatuhan protokol kesehatan,” ujar Kapolres.


Lebih lanjut, program tersebut akan berkelanjutan secara berkala dan bertahap serta semuanya untuk kepentingan pelestarian lingkungan bahari dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.


Sementara saat ditemui, Dandim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang, S.E.,M.I.Pol mengatakan dengan adanya program Polda Jateng Mageri Segoro ini akan berdampak baik bagi masyarakat pesisir pantai.


“Serta kegiatan ini salah bentuk wujud kepedulian kita terhadap kelestariaan lingkungan alam di sekitar kita,” kata Dandim. (@ries)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url