Polres Jepara Tanam Manggrove Bersama Forkopimda Mageri Segoro



Merdekajayapos.com
| Jepara - Program polda jateng dalam rangka memperbaiki hutan di pesisir pantai bertajuk "Mageri Segoro". 
secara serentak di 16 Polres yang berada di wilayah pesisir utara dan selatan provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional. 

Polres Jepara bersama Forkopimda  Kabupaten Jepara menggelar penanaman pohon mangrove, di Desa Tanggultlare Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara. Selasa, (12/10/2021).


Penanaman pohon mangrove direncanakan berjumlah 70.000 pohon secara bertahap, dan pagi ini berjumlah 10.000 pohon. Selasa, (12/10/2021).


Kegiatan tanam pohon mangrove ini dihadiri Kapolres Jepara AKBP Warsono, SH., SIK., MH., bersama jajaran forkopimda Kabupaten Jepara, Pejabat utama Polres Jepara, Kapolsek jajaran Polres Jepara dan instansi terkait serta para relawan. 


Kegiatan menanam pohon mangrove bertujuan melindungi garis pantai dari abrasi, sebagai benteng jika terjadi bencana gelombang pasang air laut dan juga dapat menciptakan ekosistem  biota di sekitaran laut.

Program Polda Jateng Polres Jepara Mageri Segoro tanam pohon manggrove di pesisir pantai Desa Tanggultlare

Kapolres Jepara Warsono.S.H,.S.I.K,.M.H mengajak masyarakat warga kabupaten jepara,  komunitas pecinta lingkungan terutama masyarakat di pesisir pantai ikut berpartisipasi dalam menjaga dan memelihara mangrove supaya dapat lestari dan dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.


" Hutan Mangrove memiliki peran ekologis besar bagi kehidupan manusia, terutama bagi masyarakat yang hidup di pesisir. Hutan Mangrove juga memiliki fungsi mulai dari penyedia sumber makanan, bahan baku industri, mencegah banjir, mencegah erosi hingga fungsi rekreasi."


" Mangrove sangat penting guna menekan abrasi, membentuk lahan baru menyediakan makanan bagi hewan laut sebagai sumber keanekaragaman hayati dan penting untuk menjaga kestabilan ekosistem pantai ",


Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, dalam rangka memelihara ekosistem lingkungan hidup dan mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional. Maka Polda Jateng menginisiasi program "Mageri Segoro". 


"Kita jadikan sebagai kebangkitan masyarakat dalam ketahanan pangan dan masyarakat sehat melalui kepatuhan protokol kesehatan", pungkasnya. 


Dalam kegiatan penanaman mangrove kali ini juga dilaksanakan bakti sosial dengan membagikan 100 paket sembako kepada masyarakat setempat. (@ries)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url