Dandim 0719/Jepara Kembali Sebagai Narasumber Dalam Acara Apel Tiga Pilar di Kalinyamatan

Merdekajayapos.com | Jepara - Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang, S.E.,M.I.Pol bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Jepara menghadiri kegiatan Konsolidasi dan Sinergitas Tiga Pilar (Petinggi,Babinsa dan Bhabinkamtibmas) dalam upaya menciptakan stabilitas dan kondusifitas Daerah demi kesatuan dan persatuan Bangsa, yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Kalinyamatan, pada Senin (8/11/2021).

Acara yang diikuti oleh sejumlah Babinsa, Babinkamtibmas, kepala desa/petinggi se-Kecamatan Mayong, Pecangaan dan Kalinyamat, itu untuk mewujudkan sinergitas yang solid dalam rangka menjaga situasi kamtibmas yang kondusif terutama menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru nanti.

Dalam kegiatan tersebut Dandim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang, S.E.,M.I.Pol kembali sebagai narasumber dalam penyampaian materi dalam acara Apel Tiga Pilar dimana sebelumnya acara tersebut dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Bangsri dan kini di Pendopo Kecamatan Kalinyamat.

Dalam penyampaian Dandim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang mengatakan bahwa tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wil NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah  Indonesia dari ancaman gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“Sebagai tugas pokok dan fungsi Babinsa itu sendiri harus dapat membina seluruh elemen atau lapisan masyarakat bagi terciptanya situasi keamanan, ketertiban masyarakat yang kondusif dan merupakan ujung tombaknya satuan di lapangan serta tiga pilar desa barat sebuah bangunan, agar bangunan tersebut kuat tiga pilar inilah yang menopangnya agar bangunan itu tetap berdiri,” kata Dandim.

Selain itu, Babinsa juga memiliki tugas melatih satuan perlawanan rakyat di pedesaan dan memberikan penyuluhan tentang kesadaran Bela Negara dengan demikian juga tugas pokok kepala desa, harus memegang teguh pengamalan Pancasila dan UUD 45 serta dapat memelihara keutuhan wilayah maupun NKRI.

“Ketiga unsur pilar ini harus dapat membangun kemitraan, berpartisiasi dan aktif dalam kegiatan masyarakat sehingga tercipta persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Dandim.

Dalam kesempatan yang sama penyampaian materi juga dilakukan oleh Ketua Kajari Jepara Ayu Agung, S.H. S.Sos. M.H. M.Si (Han), Kapolres Jepara yang diwakilkan oleh Wakapolres Jepara ompol I Putu Bagus Krisna P.  S.I.K dan Ketua DPRD Jepara Haizul Ma'arif, S.H.


Sementara dalam sambutan Bupati Jepara Dian Kristiandi, S.Sos mengatakan dengan kegiatan ini yang bertemakan “Konsolidasi dan Sinergritas Tiga Pilar Desa (Petinggi,Babinsa dan Babinkhamtibmas) Dalam Upaya Menciptakan Stabilitas dan Kondusifitas Daerah Demi Kesatuan dan Persatuan Bangsa”.

Akan meningatkan Kabupaten Jepara akan lebih maju, jika stabilitas tercipta karena gotong-royong dan kerja keras masyarakat itu sendiri, jikalau di desa tercipta kondisi stabil maka negara ini akan maju.

“Kita harus saling menjaga toleransi dan menghargai sesama umat beragama dan tantangan kedepan tidak semakin mudah dengan banyaknya informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan, bahkan munculnya media oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan persoalan masalah ditengah pandemi ini, saran saya tiga pilar ini harus bersinergritas agar terjalin hubungan yang baik dan saling komunikasi bersama,”pungkasnya (@ries)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url