Kasmin Minto Utomo, Sosok Veteran Asal Plajan Jepara

 

Sk veteran pejuang atas nama Kasmin Minto Utomo

Merdekajayapos.com | JEPARA- Bangsa Indonesia setiap tanggal 10 November selalu memperingati hari pahlawan. Pada tanggal tersebut adalah peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia yang saat itu baru merdeka 3 bulan harus menghadapi kekuatan Sekutu dalam hal ini Inggris. Atas keberanian warga Indonesia umumnya dan warga Surabaya khususnya dalam berperang menghadapi Inggris.

Maka dari tanggal itulah pemerintah menyatakan tanggal 10 November adalah hari pahlawan. Bicara soal pahlawan kita tidak lepas dari peran seorang pejuang yang merintis, membela dan memperjuangkan serta mengisi kemerdekaan RI.

Di sebuah desa lereng Muria tepatnya desa Plajan yang dahulu ikut kecamatan Mlonggo sekarang ikut kecamatan Pakis Aji Jepara ada sosok seorang pejuang veteran yang berjuang mempertahankan kemerdekaan RI.

Dialah Kasmin Minto Utomo. Pria yang meninggal tahun 1998 ini mendapatkan gelar kehormatan veteran pejuang kemerdekaan RI dari pemerintah RI. Dalam SK ( surat keputusan) yang ditandai tangani oleh Wakil PANGAB ( Panglima angkatan bersenjata Republik Indonesia)  Laksamana TNI Sudomo pada tanggal 15-8- 1981. Dengan nomor skep : 956/ VIII/ 1981.

Makam Kasmin Minto Utomo dan istri di desa Plajan

Kasmin Minto Utomo adalah seorang pamong desa era agresi militer Belanda I dan menjadi Petinggi desa Plajan era agresi militer Belanda II.

 " Karena seorang pamong dan kemudian menjadi Petinggi almarhum Bapak membantu para tentara RI dalam bergerilya. Bapak bercerita saat era gerilya meski bapak seorang sipil mempunyai seorang komandan asal Bangsri namanya pak Paulus. Bapak sendiri ditawari untuk menjadi tentara namun lebih memilih menjadi sarekat desa/ pamong desa. Sebenarnya bagi bapak hal apa yang sudah dilakukan tidak untuk disebar luaskan. Dan bapak tidak pernah bercerita panjang lebar soal era perjuangan, yang banyak bercerita soal bapak adalah teman- temannya. " Ungkap H. Sudharto pada Rabu 10/11/2021.

Selain mengalami masa revolusi fisik Kasmin Minto Utomo juga merasakan susahnya perjuangan era awal orde lama sebagai seorang Petinggi Plajan. Dimana saat itu disekitar lereng Muria adanya ancaman ganguan keamanan yang terkenal dengan brandal Raseno. 

Namun sebagai seorang pejuang pelan namun pasti Kasmin Minto Utomo mampu melewati semua itu dalam memimpin desa Plajan mulai sekitar tahun 1948- 1990. Saat ini sang Veteran dimakamkan di pemakaman keluarga berdampingan dengan istrinya Hj. Sarti di dukuh Guo Plajan Pakis Aji Jepara. (Edi Sulton).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url