Punya Fasilitas Sendiri, SD Muhammadiyah Kriyan Berhasil Selenggarakan Asesmen Nasional 2021

Merdekajayapos.com JEPARA. Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK tahun 2021 adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah bukan menilai kemampuan perseorangan siswa. 

Siswa SD Muhammadiyah Kriyan Jepara saat mengikuti assessment nasional

ANBK 2021 ini menjadi kegiatan yang perdana. SD Muhammadiyah Kriyan tidak luput dari kebijakan Kementerian Pendidikan tersebut untuk menyelenggarakan secara mandiri Dengan mode semi online/ setengah daring dimana sebelum hari pelaksanaan Proktor wajib menyelaraskan komputer Server Lokal dengan Server Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar).

Kegiatan ANBK yang memeras keringat dengan tingkat kompleksitas persoalan yang dihadapi oleh Tim ANBK di masing-masing satuan pendidikan tidak kecuali dirasakan oleh Tim Teknis ANBK SD Muhammadiyah Kriyan. Persiapan durasi yang relatif pendek menjadikan kerepotan dalam mempersiapkan kegiatan yang penting ini. Namun dengan kesiap-siagaan dan pengalaman dalam menangani IT, proses menuju sukses berjalan dengan lancar dan baik. 

Suasana ANBK di SD Muhammadiyah Kriyan

" Hari ini Selasa, 23/ 11/2021 M  bertepatan 18 Rabiul Akhir 1443 H.  dengan mengucapkan Alhamdulillah sebagai bentuk rasa syukur yang setinggi-tingginya kepada Allah SWT, SD Muhammadiyah Kriyan telah sukses dalam menyelesaikan rangkaian kegiatan ANBK. Mulai dari persiapan kelengkapan hardware, brainware (Tim Teknis), sinkronisasi gelombang 1 dan 2 pada hari sabtu tanggal 13 November 2021 dan validasi peserta, gladi dan pelaksanaan ANBK. Tahapan demi tahapan telah terlewati dengan baik, lancar, sukses dan dimudahkan Allah SWT" ujar Kepala SD Muhammadiyah Kriyan Muntiasih.

SD Muhammadiyah Kriyan Jepara Selenggarakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK ) Tahun 2021

Kesuksesan tidak hanya dirasakan  dengan fasilitasi ANBK bagi siswa SD Muhammadiyah Kriyan sendiri namun juga dirasakan oleh sekolah yang menumpang, yaitu SDN 4 Kriyan dan SDN 4 Bakalan Kalinyamatan. 

“Kami mewakili sekolah dan para pendamping ANBK yang menumpang di SD Muhammadiyah Kriyan merasa puas dengan fasilitasi dan pelayanan berupa tempat Multimedia yang sangat representatif, ruangan yang nyaman serta suasana yang terjaga dengan tertib" ucap Sarno,  selaku Kepala Sekolah SDN 4 Kriyan dalam apresiasi dan terima kasihnya yang disampaikan kepada Kepala SD Muhammadiyah Kriyan.    

Muntiasih, S.Pd selaku Kepala SD Muhammadiyah Kriyan pun menanggapi dengan sangat bijaksana. “Hanya seperti inilah fasilitasi dari kami, kami sejak awal hanya berharap agar para peserta ANBK yang menumpang dapat melaksanakan kegiatan ANBK ini dengan sebaik-baiknya.  Permohonan maaf sebagai ungkapan kebijaksanaan tersampaikan kepada peserta dari luar (penumpang) dan semoga ke depan jauh lebih baik. Kalau masih ada hambatan ternyata kendala teknis berasal dari server pusat, bukan dari perangkat yang digunakan oleh peserta” pungkas Muntiasih. (Edi Sulton).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url