Babinsa Hadiri Pelatihan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Bagi Anggota Linmas

Merdekajayapos.com, Jepara – Kesiapsiagaan Tanggap Bencana merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna, pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan pada pra bencana serta pengurangan resiko.

Pelatihan tersebut dinilai sangat startegis mengingat kondisi sekarang ini sudah memasuki musim penghujan menjelang akhir tahun, karena di wilayah Kabupaten Jepara sendiri sangat rawan bencana.

Kegiatan pelatihan tersebut bekerjasama antara pemerintah Desa dengan BPBD Kabupaten Jepara dalam Kesiapsiagaan atau tanggap bencana sekala lokal desa, yang dilaksanakan di Balai Desa Wonorejo, Kecamatan Jepara. Kemarin (26/12/2021).

Dalam pelatihan diikuti oleh anggota Linmas Desa dan dihadiri Perangkat Desa Wonorejo Nur Afif, BPBD Jepara Dedi S, Bhabinkamtibmas Aiptu Nugroho.

Dalam penyampaiannya, BPBD Jepara Dedi S mengatakan kesiapsiagaan tanggap bencana adalah tugas kita bersama, maka melalui pelatihan kebencanaan dan kesiapsiagaan sejak dini bagi  anggota linmas adalah membantu dalam rangka penanggulangan bencana diwilayah dan diperlukannya peran serta dari masyarakat.

“Di musim penghujan seperti ini tidak memungkinkan terjadinya bencana yang datang kapan saja maka dalam hal penanganan bencana perlu ada skala prioritas, maka inilah penting bagi kita perlu pemahaman dalam pelaksanaan pelatihan dan pembinaan,” terang Dedi.

Lebih lanjut, dengan pelatihan Kesiapsiagaan tanggap bencana berharap anggota linmas dalam hal ini turut menjadi mitra dalam setiap penanggulangan bencana untuk membantu petugas baik dari BPBD serta anggota TNI maupun Polri.

Sementara, Babinsa Sertu M Saehu juga menyampaikan pentingnya pelatihan tanggap bencana saat musim penghujan bagi anggota linmas desa dalam sekala lokal desa guna menghadapi bencana alam.

“Hal tersebut untuk dipersiapkan sedini mungkin apabila sewaktu-waktu terjadinya bencana alam pada musim penghujan serta dengan adanya pelatihan ini kemampuan serta kecakapan anggota linmas desa Wonorejo terus meningkat,” Ujar Sertu M. Saehu. (@ries).

Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url