Sigap dan Profesional Kodiklatal TNI AL Siapkan Siswa Hadapi Penugasan

Merdekajayapos.com, SIDOARJO -, Dalam upaya menghadapi penugasan di Laut yang penuh tantangan supaya dapat melaksanakan dengan profesionalisme, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) membekali siswa kemampuan dan keahlian selam yang dilaksanakan  di Kolam Renang Tirta Krida Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (PuslatdiksarmiI) Kodiklatal yang berlokasi di Juanda Sidoarjo, Selasa, 21/12/2021.

Siswa pusdikbanmin Kodikdukum Kodiklatal latihan selam

Siswa yang mendapat kesempatan latihan praktek (lattek) selam ini berasal dari Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum). Tujuannya selain membekali siswa dengan kemampuan selam juga dalam rangka menambah kemampuan fisik para siswa. 

Para siswa Dikmaba ini mendapatkan pelatihan langsung dari instruktur profesional yang berdinas di  Sekolah Selam (Seselam) Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus) Kodikopsla Kodiklatal. Sebelum melaksanakan latihan praktek  selam para siswa ini mendapatkan pembelajaran beberapa tahapan teori-teori sebelum proses latihan menyelam.

Pelatih selam TNI AL memberikan materi latihan selam

Tahap pertama sekaligus awal latihan, para peserta menerima beberapa materi penting, seperti pengenalan alat selam scuba, test kemampuan renang meliputi water trapen selama 10 menit dan tahan napas dalam air (Apnea) selama 30 detik serta renang tanpa alat.

Selain itu,  peserta juga mendapat pelatihan penguasaan alat, seperti masker clearing dan snorkel clearing, finswiming, mouthpice clearing serta menyelam. 

Sementara itu, untuk tahap akhir  para siswa akan mempraktekkan menyelam dengan alat scuba sampai di dasar Kolam. Selama proses latihan menyelam menggunakan scuba ini para siswa didampingi para instruktrur. (Edi Sulton).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url