Cegah Penyebaran DBD, Babinsa Dampingi Dinkes Jepara Lakukan Fogging

Merdekajayapos.com Jepara – Petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara didampingi Babinsa pagi ini. Rabu (9/2/2022) telah melakukan kegiatan fogging (pengasapan) untuk mencegah penyebaran nyamuk DBD di pemukiman warga yang berada di Kelurahan Bapangan, Rt 3/Rw 5, Kecamatan Jepara.

Fogging (pengasapan) dilakukan oleh pihak Dina Kesehatan Kabupaten sebagai langkah untuk mengantisipasi Demam Berdarah Dengue (DBD)  di musim penghujan seperti sekarang ini.

Dalam kegiatan tersebut Babinsa Peltu Iskan anggota Koramil 01/Jepara melakukan pendampingan dalam pelaksanaan kegiatan fogging (Pengasapan) yang ada di wilayah binaannya.

Kegiatan itu turut di hadiri oleh dr. Pujianto dari DKK Jepara beserta Tim, Ali S. Petugas Puskesmas Jepara, Lurah Bapangan M. Amin, Bhabinkamtibmas dan Ketua RT.

Pada kesempatannya, Babinsa Peltu Iskan mengatakan dengan adanya kegiatan fogging karena untuk saat ini musim penghujan telah tiba yang mana mengakibatkan banyaknya genangan air yang dapat menjadi sarang nyamuk.

“Untuk itu, agar masyarakat sehat dan tidak terserang oleh nyamuk tersebut kami melakukan fogging dari rumah ke rumah warga untuk membunuh nyamuk dan jentiknya, dimana musim penghujan banyak terjadi kasus DBD,” kata Babinsa.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk senantiasa menumbuhkan kesadaran untuk menjaga lingkungan demi terciptanya suasana yang sehat dan bebas dari wabah penyakit.

“Kami meminta peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan serta perlunya menerapkan 3M plus yakni dengan menutup, mengubur dan menguras tempat-tempat penampungan yang memungkinkan nyamuk demam berdarah berkembang biak,” ujar Babinsa.

Lebih lanjut, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara juga sudah bekerjasama dengan pemerintah desa melakukan sosialisasi tentang pentingnya pencegahan DBD kepada masyarakat. (@ries).

Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url