KRI Cakra-401 Selesai Overhaul Siap Kembali Perkuat Koarmada II

Merdekajayapos.com SURABAYA- Setelah berhasil menjalani overhaul yang dilakukan di PT PAL Indonesia (Persero), kapal selam KRI Cakra-401 resmi diserahkan oleh Kementerian Pertahanan RI kepada TNI Angkatan Laut  dalam acara Serah Terima Operasionalnya Overhaul KRI Cakra-401, yang berlangsung  Lantai 4 Gedung PIP PT PAL Indonesia pada, Senin (21/2/2022).

Pangkoarmada II saat menerima cinderamata dari Direktur PT PAL

Dalam acara serah terima tersebut, hadir Dirjen Kuathan Kemhan RI Laksda Bambang Irwanto, Aslog Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, Dirut PT PAL Indonesia (Persero) Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang, staf DSME dan segenap tamu undangan lainnya.

Selesai overhaul KRI Cakra-401 diserah terimakan PT PAL ke Kemhan RI

Serah terima operasional overhaul KRI Cakra-401 dilaksanakan dari PT PAL kepada  Dirjen Kuathan Kemhan RI, selanjutnya dari Dirjen Kuathan Kemhan RI diserahkan kepada TNI AL dalam hal ini Aslog Kasal, dan terakhir dari Aslog Kasal diserahkan kepada Pangkoarmada II sebagai pengguna kapal selam buatan Jerman tersebut. Kemudian kepada Aslog Kasal dan Pangkoarmada  II, Dirut PT PAL Indonesia memberikan cenderamata berupa maket kapal selam.

Sementara itu Dirut PT PAL Indonesia dalam sambutannya mengatakan, selama proses overhaul, ada banyak penyempurnaan pada sistem elektrik, mekanik serta navigasi. Selain itu, dilakukan pula penyempurnaan pada sistem sensor, sistem integrasi, sistem kendali penembakan torpedo dan upaya untuk mencapai performa maksimal.

Penandatanganan serah terima tanda selesai overhaul

Pandemi Covid-19 juga berdampak terhadap beberapa hal yang menyebabkan kendala, seperti pengadaan material, produksi, hingga kedatangan service engineer dari DSME Korea. “Namun dengan tekad dan semangat bersama, proyek ini dapat diselesaikan dengan serangkaian uji coba serta Inspeksi Komodor yang dapat terlaksana dengan baik,” terang Dirut PT PAL Indonesia.

Inspeksi Komodor sendiri dilaksanakan pada tanggal 22 November 2021 di perairan Panarukan Situbondo, Jawa Timur dengan hasil yang menggembirakan. KRI Cakra telah mampu mencapai kecepatan maksimal di atas dan di bawah permukaan air, serta menunjukkan hasil yang memuaskan dan memenuhi fungsi asasi kapal selam. Sehingga dengan hasil tersebut, KRI Cakra-401 siap kembali memperkuat Satuan Kapal Selam Koarmada II.

Disisi lain Pangkoarmada II mengungkapkan bila kehadiran KRI Cakra-401 sangat ditunggu untuk melengkapi kebutuhan pertahanan NKRI, mengingat luasnya perairan Indonesia yang harus dijaga. Selain itu Laksda Iwan menambahkan, jika overhaul KRI Cakra-401 merupakan wujud nyata dari program prioritas yang ditanamkan oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni terkait modernisasi KRI,Pesud dan Matpur menuju kekuatan yang siap dioperasikan. (Edi sulton).

Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url