Polres Banjarnegara dan Pemda Antisipasi Penyebaran Virus PMK

BANJARNEGARA Merdekajayapos.com,– Adanya temuan hewan ternak yang terjangkit virus PMK, sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau Virus PMK di Wilayah Kabupaten Banjarnegara, Polres Banjarnegara bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Banjarnegara terus melakukan berbagai upaya pencegahan terhadap penyebaran virus PMK tersebut.

Polres Banjarnegara Lakukan Langkah Antisipasi isolasi Hewan Ternak Bila Terkena Virus PMK

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto SIK, MH mengatakan, sesuai dengan perintah Kapolri dan Kapolda dimana ketika ada diwilayah terjangkit PMK, baik itu Sapi maupun Kambing diperintahkan untuk melaksanakan langkah-langkah, antisipasi isolasi maupun lokalisir hewan yang terkena virus PMK, hewan ternak tidak boleh pergi kemana-mana, baik itu dijual ataupun dipindahkan.

"Memamg hewan yang terkena virus seperti halnya PMK harus betul-betul diisolasi, kemudian dikasih makan disitu, lalu kita perlu melakukan langkah yakni treatment, perlu memberikan pengobatan, hal ini akan dilakukan langkah oleh dokter dan dinas terkait sampai sembuh," katanya dihadapan awak media usai melakukan pengecekan kandang ternak di Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi Banjarnegara, Minggu (15/5/2022).

Antisipasi Pencegahan Virus PMK, Polres Banjarnegara Lakukan Lokalisir Hewan Ternak terkena Penyakit

Ia menuturkan, dalam melakukan pencegahan Polres Banjarnegara terus berkoordinasi dengan Forkopimda Banjarnegara agar penanganan penyakit PMK ini tepat.

"Langkah selanjutnya kita lakukan penutupan terhadap pasar-pasar hewan, mulai besok (Senin, 16 Mei 2022, red) akan kita tutup seluruhnya yang ada di Wilayah Hukum Polres Banjarnegara," ujarnya.

Sementara untuk memantau lalulintas hewan, lanjut AKBP Hendri, pihaknya akan melakukan penyekatan diperbatasan, Banjarnegara dengan Kabupate Wonosobo, Purbalingga, Banyumas maupun Kebumen.

"Apabila ada pergerakan hewan baik sapi maupun kambing akan kami hentikan, karena diwilayah kita ada hewan yang terkena PMK, sedangkan di Pasar hewan yang ditutup kita tempatkan Personel untuk melakukan patroli.

Polres Banjarnegara lakukan sosialisasi Penyuluhan dan pengecekan ke Peternak

Selain itu, sambung Kapolres, Polres Banjarnegara terus melakukan sosialisasi dan pengecekan kepada masyarakat peternak hewan dan rumah pemotongan hewan (RPH).

"Memberikan penyuluhan kepada peternak hewan,  cara pencegahan PMK dan penanganan jika hewan mengalami gejala," pungkasnya.

Adapun, saat meninjau kandang ternak hewan di Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi Banjarnegara. Kapolres bersama PJU Polres Banjarnegara, Dinas Terkait, Kapolsek Wanadai, Camat, Koramil dan dokter hewan memberikan penyuluhan dan memasang himbauan SOP Pencegahan penyebaran PMK. (@ries).


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url