Pemkab Jepara Siap Gelar Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit

JEPARA Merdekajayapos.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara Siap Gelar Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit, hal itu disampaikan Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta dan Sekda Edy Sujatmiko mendukung penuh pelaksanaan kegiatan yang bertajuk Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022. Acara direncanakan akan digelar terpusat di alun-alun Jepara pada tanggal 19 – 26 Agustus 2022.

Pj Bupati Edy Supriyanta Dukung Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022

"Saya sangat mendukung 100 persen even yang secara terpadu mengemas potensi Jepara dalam sebuah perhelatan budaya besar. Segera detailkan rancangan kegiatan ini bersama Pak Sekda dan OPD terkait,”ujar Pj Bupati Jepara.

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati didampingi Sekda, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Zamroni Lestiaza, Kepala Diskominfo Arif Darmawan, dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jepara Umar Chotob.

Edy Supriyanta juga mendukung dilaksanakannya kembali Festival Kartini tahun 2023 setelah vakum akibat pandemi Covid-19. Sehingga  mampu memberikan hiburan kepada masyarakat, pemberdayaan, serta membangkitkan UMKM.

Jika terkemas baik akan dapat menjadi media promosi potensi daerah dan sekaligus pemberdayaan masyarakat dan juga pelestarian sejarah dan budaya Jepara. Ini perlu didukung dengan dana APBD tahun 2023,”katanya.

Sementara Edy Sujatmiko memastikan even yang baru pertama digelar di Jepara dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan ini tak mengandalkan APBD. Jika mungkin zero dana APBD,” ujar Edy Sujatmiko.

Menurut Edy ia akan mengajak para investor di Jepara untuk turut serta mendukung even Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022. Pimpinan perusahaan di Jepara harus digandeng untuk terlibat.

Mereka juga harus ikut tampil di panggung spektakuler. Bisa pada pentas ketoprak, fashion Jepara in the Word, maupun dalam pentas musik harmoni Jepara Bangkit,” tutur Edy Sujatmiko.

Even ini menurut Edy Sujatmiko juga mengintegrasikan kegiatan lain dan juga melibatkan para seniman dan budayawan Jepara.”Kuncinya integratif dalam pengemasan even. Bukan sekedar ada," ujar Sekda Jepara.

Ia berharap even ini dapat menjadi penanda kebangkitan Jepara usai pandemi. “Tahun 2023, Festival Kartini akan kita buat lebih besar lagi seperti harapan pak Pj Bupati,” tegas Edy Sujatmiko.

Sebelumnya Hadi memaparkan sejumlah agenda yang diusulkan dalam Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022. Dalam festival Jepara Bangkit tersebut direncanakan ada prosesi doa dalam kemasan budaya yang diwujudksn dalam Wilujengan Rahayu, Ketoprak Spektakuler Rainha de Jepara yang akan dimainkan oleh 200 anggota KORPRI dan pensiunan, peluncuran tari Bedhayan Retna Kencana, Java Carnival, dan Jepara Carnival.

Juga ada Jepara Fashion Show Batik dan Tenun, Fashion Jepara in the Word, lomba Layang-Layang Internasional,  Panggung Prestasi Pelajar, Harmoni Musik Jepara, Opera Juang, Jepara Cultural Festival, Kentrung Empu Palman, Tari Rondek,  pameran UMKM, kuliner dan karya seni seniman Jepara serta ditutup dengan sholawatan dan doa yang akan dibuka dengan  penampilan grup Sekar Lesbumi Jepara.

Hadi juga mengusulkan dilakukan dalam even tersebut dilakukan deklarasi Hari Ukir Jepara atau Nasional serta lomba ukir yang terbagi dalam tiga kategori yaitu pelajar, perempuan dan umum. “Ini sebagai wujud tekad Jepara untuk melestarikan seni ukir Jepara,” tutur Hadi Priyanto.

YKI telah mulai bergerak sejak September 2012 melalui "Simposium Nasional" Rekonstruksi Jepara untuk Masa Depan. Salah satu hasil rekomendasi rekomendasi dari simposium tersebut adalah lahirnya Festival Kartini I pada 2013. 

Kemudian dilanjutkan dengan Festival Kartini I pada (2013), kemudian muncul ide Festival Kartini II (2014), Festival Kartini III (2015), dan Festival Kartini IV (2016). Hadi Priyanto akan mengemas Festival Kartini V Tahun 2022 tidak hanya tingkat nasional, tetapi juga mendunia di tingkat internasional. Nantinya, even itu akan menampilkan 1100 seniman di Jepara.( Hadepe-@ries)


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url