Agar Budaya Lestari, PC Muhammadiyah Bangsri Disokong PCPM Dan PCNA Bangsri Adakan Pelatihan Pranata Cara

JEPARA Merdekajayapos.com - Pimpinan Cabang Muhammadiyah ( PCM)  Bangsri Berkolaborasi dengan Pimpinan Cabang  Pemuda Muhammadiyah  ( PCPM) dan Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah (PCNA) Bangsri Mengadakan Pelatihan Pranata Cara Selama 2 hari mulai tanggal 4-5 Juli 2022 M, 5-6 Dzulhijjah 1443 H di SMP Muhammadiyah Bangsri jalan Seroja , Kauman Bangsri Jepara. 

Pelatihan Pranata Cara
Pelatihan Pranata cara

Pelatihan Pranata Cara

Peserta Pelatihan berasal dari guru dan karyawan/ karyawati Perguruan Muhammadiyah se-Kecamatan Bangsri.

Dalam rangka "nguri-nguri budaya" terutama budaya bahasa Jawa yang sekarang ini mulai banyak ditinggalkan oleh masyarakat, maka kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menjadi salah satu pemicu agar kader-kader Muhammadiyah mulai belajar kembali tentang kebudayaan bahasa Jawa terutama penggunaan bahasa Jawa dalam pelaksanaan dan penataan acara. 

Peserta pelatihan Pranata cara

PC Muhammadiyah Bangsri

Pelatihan ini digagas oleh Suherman, S.Pd yang juga merupakan sekertaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah ( PCPM) Bangsri. Pengalamannya yang sudah malang melintang dalam dunia Pranata Cara diharapkan dapat ditularkan kepada peserta pelatihan.

"  Harapan saya agar kemampuan saya sebagai pranata cara dapat diteruskan oleh generasi selanjutnya, sehingga estafet regenerasi tidak terputus begitu saja", ungkap Suherman.

Dengan diadakannya pelatihan tersebut diharapkan  akan bisa mencetak kader-kader Muhammadiyah yang mumpuni dalam menyusun dan membawakan suatu acara, terutama menjadi seorang Pranata Cara dalam bahasa Jawa. (Edi sulton).


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url