Danramil 11 Tahunan Hadiri Acara Sedekah Bumi

JEPARA Merdekajayapos.com  – Sedekah bumi merupakan adat istiadat adat kebudayaan yang masih lestari di desa yang ikatan tradisi dan adatnya masih sangat kental. 

Tradisi sedekah bumi di Desa Semat, Kacamatan Tahunan, dengan corak akulturasi kebudayaan nenek moyang dengan ajaran agama islam. 

Kegiatan sedekah bumi sebagai tradisi peninggalan nenek moyang di tengah-tengah keadaan masyarakat modern nan kritis ini dan juga perkembangan tradisi sedekah bumi sebagai tradisi yang masih melekah di masyarakat desa Semat ini. Semalam (3/7/2022).

Guna memeriahkan kegiatan tersebut Danramil 11/Tahunan Kapten Inf Mashudi menghadiri acara kegiatan tersebut yang di gelar oleh masyarakat Desa Semat.

Saat ditemui, Danramil Kapten Inf Mashudi mengatakan kegiatan sedekah bumi merupakan simbol rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

“Sebagai tradisi yang sangat diyakini, sedekah bumi tidak boleh dijadikan sebagai sarana komersialisasi yang tidak terarah dan menghilangkan norma-norma dari kebudayaan tersebut,” Kata Danramil.

Lebih lanjut, Danramil menyampaikan sikap lebih peduli terhadap budaya harus terpupuk. Sebab arti kebudayaan dapat membangun suatu karakter bangsa dan tidak menghilangkan tradisi yang dilakukan turun-temurun sehingga tidak terlupakan oleh anak-cucu.

“Mengusung kebudayaan yang luhur berkaitan dengan upaya mewujudkan nilai-nilai kehidupan yang lebih bermartabat. Karena itu, perlu diciptakan suasana kondusif untuk mempertahankan kearifan budaya lokal,”ujarnya.

Selain itu, Danramil berpendapat kebudayaan akan terus berkembang sejalan dengan kepedulian masyarakat terhadap budaya. Melalui hal tersebut, akan lahir keragaman kebudayaan yang berbeda, unik, dan menarik.

“Saya berharap budaya sedekah bumi ini dapat dikemas secara apik dan profesional sehingga ke depan akan memiliki daya tarik bagi wisatawan di Kalimantan Barat dan Indonesia,” pungkasnya.

Ditambahkannya, kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah Desa Semat ini agar senantiasa menjaga kondusivitas suasana agar tidak terjadi sesuatu yang mengganggu kamtibmas. (@ries).


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url