9 Motif Batik Khas Indonesia dan Motif Batik Bumi Kartini Jepara


9 Motif Batik Khas Indonesia
9 Motif Batik Khas Indonesia

9 Motif Batik Khas Indonesia Filosofi Dibalik Keindahan

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan budaya yang melimpah dari sabang hingga merauke. Salah satu kekayaan Indonesia yakni keanekaragam motif batik di Indonesia yang telah ditetapkan UNESCO sebagai Intangible Cultural Heritage pada tahun 2009. Setidaknya terdapat 5.849 yang tersebar dari Aceh hingga Papua. 

Sudah selayaknya kita bangga dengan kekayaan budaya Indonesia. Kali ini akan kita bahas tentang macam-macam motif batik khas dari Indonesia.

9 Motif Batik Khas Indonesia

Kain batik Indonesia tidak hanya terkenal di dalam negeri saja, bahkan hingga negara luar saja mengagumi motif batik Indonesia yang beragam. Setiap motif batik tradisional hingga hingga motif batik modern memiliki makna yang mendalam. Nah, inilah 9 motif batik dan maknanya yang wajib Anda ketahui.

  • Motif Batik Parang

Motif Batik Parang

Motif batik parang merupakan salah satu motif batik Jawa yang sangat terkenal. Kata parang sendiri berasal dari karang atau batu karang. Motif batik parang muncul dilatarbelakangi oleh panembahan senopati yang terinspirasi oleh ombak pantai selatan yang menabrak batu karang.
Jika dilihat secara sepintas motif batik parang berbentuk huruf S. Namun, jika diamati lebih detailnya motifnya berupa garis diagonal dari tinggi ke rendah dengan kemiringan 54 derajat. Adapun filosofi motif batik parang yakni simbol pantang menyerah dan perjuangan yang tidak kenal putus.

  • Motif Batik Kawung

Motif Batik Kawung


Motif batik kawung merupakan motif batik yang berasal dari Yogyakarta. Seperti namanya motif batik ini berbentuk irisan buah kawung yang berjajar. Pada zaman dahulu, motif batik tradisional ini hanya digunakan oleh keluarga kerajaan saja.
Namun berangsur-berangsur sudah mengalami perkembangan dan dapat digunakan masyarakat umum. Adapun filosofi motif batik kawung yakni lekat dengan kehidupan manusia adanya sifat kesucian dan panjang umur.

  • Motif Batik Simbut

Motif Batik Simbut


Motif batik simbut merupakan motif batik yang berasal dari Banten. Uniknya motif batik ini dibuat oleh suku Baduy. Motifnya sendiri menyerupai bentuk daun talas dan berwarna cerah.
Motif batik ini menggambarkan kedekatan suku Baduy dengan alam. Hal ini juga menyimbolkan kesederhanaan suku Baduy dalam menjalani kehidupan.

  • Motif Batik Sidomukti

Motif batik sidomukti berasal dari Solo, Jawa Tengah. Umumnya motif batik ini dikenakan pada saat upacara adat pernikahan. Motif batik ini terdiri dari bentuk-bentuk yang rumit dan beragam bentuk berlekuk-lekuk seperti bentuk kupu-kupu dan bunga.
Menariknya, motif ini dibuat dengan pewarna sogan atau pewarna alami untuk memberikan warna coklat. Motif batik ini mengandung nilai kemuliaan, kesejahteraan hingga kemakmuran.

  • Motif Batik Sekar Jagad

Masih berasal dari solo, motif batik di Indonesia ini sangat populer dengan coraknya yang cantik dan elegan. Motif batik sekar jagad merupakan salah satu motif batik yang cantik dan elegan dengan bentuk bunga yang ditata bak pulau-pulau.

Adapun filosofi di balik motif batik sekar jagad yakni kecantikan abadi yang diharapkan ada pada pemakainya. Motif batik ini banyak dikenal masyarakat luas tidak hanya berkutat di Solo saja.

  • Motif Batik Tujuh Rupa

Motif batik tujuh rupa merupakan batik yang berasal dari Pekalongan. Kota ini dapat dijuluki kotanya para pecinta batik pasalnya kota ini jadi sentra pembuatan batik di Indonesia. Penamaan tujuh rupa mengacu pada motif yang ada. 
Dalam selembar kain batu terdapat tujuh motif batik yang terkait dengan hasil alam seperti tumbuhan, buah hingga hewan. Pada dasarnya motif batik ini merupakan motif campuran campuran masyarakat lokal dan pendatang di pantai utara Jawa.

  • Motif Batik Sogan

Masih berasal dari Pekalongan, jika motif batik tujuh rupa berasal dari budaya masyarakat pendatang. Maka motif batik sogan ini merupakan versi klasik motif batik tujuh rupa. Seperti namanya, motif batik ini dibuat dengan pewarna alami atau sogan.
Motif batik sogan memiliki ciri khas warna yang beragam dan motif bunga-bunga pada kainnya. Hal ini membuat batik sogan terlihat cerah dan hidup.

  • Motif Batik Lasem

Motif batik lasem merupakan hasil akulturasi budaya masyarakat Tionghoa dengan masyarakat Rembang, Jawa Tengah. Motif batik Lasem memadukan bentuk burung dan naga sebagai ciri khasnya. Tak ketinggalan juga warna merah pada kainnya yang menyimbolkan masyarakat Tionghoa.

  • Motif Batik Megamendung 

Motif batik megamendung merupakan batik khas asal Cirebon yang sangat populer. Motif pada megamendung terinspirasi dari bentuk awan pada genangan air dan cuaca yang mendung. 
Ciri khas motif batik megamendung yakni terletak pada bentuk awan yang lonjong dengan tujuh gradasi warna merah dan biru. Motif megamendung memiliki filosofi tentang kesabaran. 

Motif Batik Bumi Kartini Jepara

  • Motif Batik Sekar Jagad Bumi Kartini

Motif batik ini terinspirasi dari motif Batik Sekar Jagad yang sudah ada namun terdapat nuansa yang berbeda pada garis pembatasnya yang berupa stilisasi bunga melati. Harapan simboliknya, batik sekar jagad bumi kartini yang ada di Jepara ini aromanya akan menyebar ke seluruh penjuru jagad negeri.

Demikianlah 9 ragam motif batik di Indonesia. Batik merupakan salah satu kekayaan budaya di Indonesia yang begitu berharga. 
Agar batik tidak punah, kita wajib untuk melestarikan batik salah satunya dengan menggunakan batik. Saat ini terdapat beragam baju batik dengan beragam model kekinian dari motif batik tradisional hingga modern.

Baju batik dapat digunakan untuk berbagai acara baik formal maupun non formal. Anda juga dapat memadukan baju batik dengan berbagai jenis bawahan baik celana maupun rok. Nah, untuk mendapatkan baju batik dengan model dan motif beragam Anda bisa membelinya di Blibli. 
Blibli merupakan salah satu marketplace di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis kebutuhan Anda. Tentunya dengan harga yang bersaing dan diskon menarik. Pastikan belanja dengan mudah dan hemat  dengan Blibli.


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url