Banjir Kayen, Pj Bupati: Penyebab Banjir Harus Ditangani Secara Komprehensif

PATI Merdekajayapos.com - Setelah terjadinya banjir yang merendam sebagian wilayah kecamatan Kayen pada Kamis malam (14/10), Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro Jumat pagi (15/10) langsung turun ke lokasi terdampak banjir bandang tersebut. 

"Pagi ini saya bersama Camat dan Muspika Kayen mencoba mengecek penyebab banjir yang terjadi tadi malam di wilayah Kayen", tutur Pj Bupati saat diwawancarai. 

Pj bupati tinjau lokasi banjir kayen

Ia pun menjelaskan bahwa untuk kondisi terkini, saat ini air sudah surut. "Namun coba kita cari solusi penyebabnya apa. Ternyata penyebabnya harus ditangani secara komprehensif. 

Penyebab Banjir Kayen

Diantara penyebabnya Karena di satu sisi di atas dulu banyak hutan sekarang sudah beralih fungsi. Lalu berikutnya adalah terkait kondisi sungai dan saluran drainase", imbuh Henggar. 

Pj Bupati juga mengatakan bahwa kondisi sungai saat ini penampangnya sudah sangat sempit dan banyak sedimentasi. 

"Maka perlu penanganan secara komprehensif. Saya juga perlu berkoordinasi dengan pihak terkait, baik di tingkat provinsi maupun BBWS tingkat pusat. Mudah-mudahan bisa mendapatkan penanganan komprehensif sehingga dalam jangka pendek nanti sudah mampu mengatasi banjir skala kecil dulu", terangnya. 

Kalau untuk skala besar, imbuh Henggar, penanganan tuntasnya perlu reboisasi. 

"Ya, dengan reboisasi yang di atas, mungkin baru bisa mengatasi secara keseluruhan. Tapi tentunya butuh kajian menyeluruh dulu nanti baru kita tau dan bisa melangkah seperti apa. Dan terkait kondisi ini, tentu akan segera saya laporkan di tingkat provinsi", pungkasnya.


@ries

Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url