Peringati HSN 2022, Pj Bupati Pati Ziarah Gus Hasyim Mahfudh

PATI - Menjelang memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2022 yang jatuh pada 22 Oktober, Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro lakukan ziarah di Taman Makam pahlawan Giri Dharma. 21/10/2022.

Pj Bupati Bersama PCNU Pati Ziarah Ke Makam Gus Hasyim

HSN 2022, Pj Bupati Bersama PCNU Pati Ziarahi Makam Gus Hasyim

Kegiatan menjelang HSN dilaksanakan serangkaian acara diantaranya ziarah di makam Gus Muhammad Hasyim Mahfudh ini juga rutin dilakukan oleh Kepala Daerah terdahulu setiap peringatan hari santri.

Menurut sejarah, Muhammad Hasyim Mahfudh (Gus Hasyim) wafat pada tahun 1949. Beliau adalah sosok seorang santri yang juga merupakan pahlawan paska kemerdekaan.

Tak hanya itu, Gus Hasyim merupakan salah satu santri yang turut menyambut dalam seruan resolusi jihad dari Rais Akbar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

Ziarah dalam rangka memperingati hari santri nasional (HSN) tersebut, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Forkopimda Kabupaten Pati, Ketua PCNU Kabupaten Pati KH. Yusuf Hasyim beserta jajaran, Fatayat dan Muslimat, Pramuka, perwakilan santri serta pasukan TNI Polri dan perwakilan banser.

Ziarahi Makam Gus Hasyim

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro mengatakan, perjuangan sosok Gus Hasyim dapat menjadi teladan bagi para santri dan masyarakat pada umumnya. Terlebih Gus Hasyim merupakan seorang ulama di Pati ini.

“Kita yang masih ada saat ini termasuk generasi-generasi muda. Paling tidak ya bisa lebih menghargai jasa-jasa pahlawan. Mudah-mudahan jiwa keteladanan beliau ini  dapat dicontoh para pemudan khususnya santri yang ada di Pati ini” katanya.

Menurut Henggar, tantangan santri kedepan adalah bagaimana agar para santri ini mampu bersaing dan menjawab tantangan zaman. Meskipun terfokus pada ilmu-ilmu keagamaan, namun demikian santri juga harus memiliki kemampuan dalam bidang teknologi.

“Era digitalisasi ini menjadai tantangan kita semua. Oleh karena itu santri harus juga melek teknologi. Selalu update terhadap kondisi terkini,manfaatkan teknologi dengan baik untuk kemajuan bersama” pungkasnya.

Sebelumnya, kegiatan ziarah di makam Gus Hasyim didahului dengan apel bersama. Selaku ketua rombongan ziarah, Henggar Budi Anggoro berkesempatan memimpin apel. secara simbolis Ia meletakkan karangan bunga di tugu TMP Giri Dharma. Kegiatan dilanjutkan dengan tabur bunga serta do’a bersama di makam Muhammad Hasyim Mahfudh (Gus Hasyim). 


@ries


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url