Universitas Muhammadiyah Kudus Gelar Sumpah Apoteker Angkatan Pertama

Sumpah Apoteker UMKU
Rektor UMKU Dr. Rusnoto memberikan sambutan pada sumpah apoteker

KUDUS Merdekajayapos.com -  Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) selenggarakan upacara Sumpah Profesi Apoteker angkatan pertama. Rabu 9/11/2022 M, 13 Rabiul Akhir 1444 H. 

20 Apoteker UMKU Angkatan Pertama

Ini kali pertama Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) meluluskan mahasiswa yang berhasil manyandang gelar Apt setelah pendirian Pendidikan Profesi Apoteker (16 Juli 2020). Tepatnya dua tahun setelah pendirian Prodi PSPA kali ini sebanyak 20 mahasiswa telah mengucapkan lafal sumpah apoteker. Rincian 20 mahasiswa yang meraih gelar Apoteker tersebut terdiri dari 5 laki-laki, dan 15 perempuan.

Acara tersebut berlangsung secara luring di Ruang Serbaguna Iniversitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) dan juga dapat disaksikan melalui  platform Zoom. Kegiatan pengambilan sumpah profesi di buka langsung oleh Dekan Fakultas Farmasi UMKU Dr. Apt. Endang Setyowati, M.Si. 

Rektor UMKU Dr. Rusnoto, SKM., M.Kes (Epid) dalam sambutannya menekankan pemaknaan yang positif terhadap suatu gelar (Apt).

 “Kami mewakili seluruh sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Kudus mengucapkan selamat kepada para apoteker baru atas keberhasilannya meraih gelar profesi apoteker, gelar bukanlah puncak tapi merupakan langkah awal yang nyata untuk berkarya dan menghadapi tantangan global yang lebih kompleks dari waktu ke waktu, sungguh  ini merupakan suatu anugerah, kebanggan dan kebahagiaan yang tidak terkira” ujarnya. 

Sumpah Apoteker UMKU

“Sumpah profesi apoteker kali ini merupakan yang pertama kalinya setelah Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) mendapatkan izin pembukaan program studi di bulan Agustus 2020” lanjutnya menjelaskan. 

“Sehingga moment ini adalah momen yang sangat kami nantikan, meskipun prodi PSPA kami ini masih tergolong baru, namun UMKU telah menjalin kerja sama dengan 63 lahan praktik PSPA yang terbagi dalam 7 bidang, antara lain yaitu apotek, rumah sakit, puskesmas, pedagang besar farmasi, industri farmasi, industri obat tradisional dan klinik herbal” tambahnya.

 “Prodi PSPA UMKU juga  ditunjang  dengan adanya 112 preseptor yang siap membimbing dan mendampingi proses pembelajaran” pungkasnya. 

Hadir dalam acara Wasekjen Pengurus Pusat IAI Apt. Dra Tresnawati memberikan sambutan dan mengucapkan selamat kepada peserta yang dilantik. “Selamat kepada sejawat yang telah dilantik hari ini, bagi yang dilantik hari ini benar-benar berkualitas dan ideal karena berkualifikasi nilai terbaik” ungkapnya.

Konsil Kefarmasian yang juga memberikan sambutan menekankan pentingnya bekerja maksimal atau di atas rata-rata. 

“Kembangkan sikap selalu lebih baik walau nilai perbedaannya kecil, karena nilai yang berbeda walau kecil akan menghasilkan hasil yang lebih baik” ungkap Drs. Heru Sunaryo, Apt. M.KM. 

Ia juga berharap dengan adanya lulusan apoteker UMKU mampu memberikan kontribusi yang luar biasa, membawa farmasi di Kabupaten Kudus khususnya semakin maju.

Acara pelantikan berlangung khidmat dan lancar. Semua peserta mematuhi protokoler kesehatan yang berlaku.


Edi sulton

Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url