Piala Kejurprov Sepaktakraw Dibuat Menunjukkan Jatidiri Jepara Kota Ukir

Piala Kejurprov dari kayu jati dengan bola takraw yang diukir

JEPARA - Gelaran Kejuaran provinsi ( kejurprov) pasti bermuara pada pencarian  juara. Sudah pasti sang Juara baik 1, 2 dan 3 sudah pasti akan diberi hadiah baik itu uang pembinaan maupun piala.

Namun ada yang berbeda dari pagelaran kejurprov Sepaktakraw yunior  2022 di GOR Welahan Jepara . Yakni dari pialanya, bukan emas ataupun perak ataupun tembaga bahkan monel ataupun akrilik.

Untuk bentuk dan bahan piala ini dari kayu jati dengan bola takraw yang diukir. Menunjukkan kekhasan Jepara sebagai kota ukir.

Piala dari kayu jati ini dibuat oleh Ali Murtadho bendahara PSTI Jepara dan bidang perlengkapan, sarana dan prasarana PSTI Jawa tengah.

Ali Murtadho pembuat piala Kejurprov Sepaktakraw yunior

Saat dihubungi di GOR Sepaktakraw Welahan Jepara Ali Murtadho, Sabtu 17/12/2022 mengatakan, " Atas masukan mas Suko Hartono agar membuat piala dari bahan kayu jati dengan diukir. Biasanya piala baik Kejurkab,  Kejurprov maupun kejurnas biasanya itu akrilik ataupun monel . Maka kali ini kami putuskan piala dari bahan kayu jati yang diukir. Sebagaimana menunjukkan ciri khas Jepara kota ukir". 

Untuk membuat piala dari kayu jati ini, pria yang juga wasit S1 ( wasit nasional) ini membutuhkan waktu 7 hari.

" Memang secara proses pembuatan mulai memotong , mengukir dan pewarnaan atau pengerjaan akhir lebih lama daripada akrilik namun lebih cepat daripada monel ataupun tembaga . Yang pasti ciri khas ukir sebagai lambang Jepara kota ukir tetap melekat. Kearifan lokal Jepara tetap lestari ", imbuh Ali Murtadho.

Pria yang tinggal di Ngasem RT 1 RW 1 Batealit Jepara ini mengaku senang dan puas atas karyanya yang mengedepankan kearifan lokal diusung sebagai piala Kejurprov yunior 2022.

Edi sulton


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url