Mahasiswa UMKU Ciptakan Standpro Portable Dari Bahan Limbah

standpro portable hasil karya cipta mahasiswa UMKU
Mahasiswa Umku menunjukkan hasil karya ciptanya

KUDUS - Ada sesi menarik yang berbeda dari biasanya, seusai pengajian rutin pegawai UMKU ( Universitas Muhammadiyah Kudus), mahasiswa Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Kudus serahkan Standpro Portablekarya tepat guna untuk kampus,  Senin 9/1/2023 M, 17 Jumadil Akhir 1444 H.

Mereka menciptakan standpro portable yang berfungsi untuk meletakkan LCD, laptop, dan buku-buku referensi. Penyerahan tersebut berlangsung di ruang serba guna universitas Muhammadiyah Kudus jalan Ganesha 1 Purwosari Kudus.  

Standpro atau kepanjangan dari standing proyektor merupakan karya asli/ orisinal mahasiswa UMKU. Produk ini memiliki value positif yang lebih berbeda dari produk lainnya yang ada di pasaran. Bahan baku pembuatan standro 75 persen berasal dari limbah, bahan utamanya besi bekas berjenis hollow. 

Stand pro portable Karya mahasiswa UMKU

Standpro Portable yang diciptakan mahasiswa UMKU dilihat dari segi ukuran lebih praktis, dan memiliki ketinggian proporsional. Triple fungsi juga melekat dalam karya mahasiswa tersebut, selain berfungsi untuk proyektor, laptop dan buku-buku referensi penting Ketika melakukan paparan/presentasi juga dapat diletakkan dalam satu tempat. Kabel, converter/HDMI juga terihat lebih rapi. Standpro dilengkapi dengan roda sehingga mobilitasnya mudah dan efektif.

Nurul Iman, mahasiswa Teknik industri angkatan 2021 yang juga sebagai ketua tim mengatakan,  “Bersyukur kami dapat menyelesaikan produk Standpro Portable, bahan yang kami gunakan merupakan bahan bekas dari besi berjenis hollow, kami mencoba menghadirkan produk tepat guna untuk paparan/ presentasi ketika kuliah, ini juga bisa digunakan dalam kegiatan/event-event lain di kampus”.

Nurul Iman juga menjelaskan bahwa proses pembuatan Standpro Portable dimulai dari studi kasus, curah ide bersama teman-teman, merancang/mendesain pola dan mulai proses perakitan. 

standpro portable hasil karya cipta mahasiswa UMKU
Rektor UMKU ( kiri) bersama karya cipta murah dan bermanfaat dari mahasiswa UMKU

Menurutnya, pembuatan Standpro Portable ini membutuhkan waktu kurang lebih selama lima hari. Selama proses pembuatan, mahasiswa berkordinasi dengan Kepala Laboratorium Sistem Manufaktur Teknik Industri UMKU Syahrial Aman, S.T., M.T.,.

Rektor UMKU Dr. Ns. Rusnoto, SKM., S.Kep., M.Kes (Epid) yang menerima simbolis karya mahasiswa tersebut memberikan apresiasi kepada mahawaiswa Teknik industri. 

“Karya ini, standpro lebih bermakna karena lahir dari tangan-tangan kreatif mahasiswa UMKU, ide-ide mereka luar biasa, inilah yang kita harapkan mahasiswa mampu secara mandiri menciptakan karya yang bermanfaat bagi sesama” ujar rektor. (AR Humas). 

Usai penyerahan Standpro Portable dilanjutkan dengan sesi foto bersama, rektor didampingi Dekan Teknik Industri Muh Purnomo, S.Kep, S.H., M.H.Kes Karprodi Teknik Industri Nunung Agus Firmansyah, S.T., M.T., dan Kepala Laboratorium Sistem Manufaktur Teknik Industri UMKU Syahrial Aman, S.T., M.T.


Edi sulton


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url