TANAMAN DARUJU (Acanthus ilicifolius Linn) Mengobati Hepatitis Akut | Merdekajayapos - MERDEKA JAYA POS

Breaking

MERDEKA JAYA POS

Berita Jepara Indonesia Terkini Hari Ini, Berita Harian Terkini Terpercaya daerah Jepara terlengkap terupdate seputar Jepara dan Indonesia- Merdeka Jaya Pos.

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 17 Juli 2020

TANAMAN DARUJU (Acanthus ilicifolius Linn) Mengobati Hepatitis Akut | Merdekajayapos


Tanaman Daruju dengan nama ilmiahnya ACANTHUS ILICIFOLIUS LINN, Orang Jawa bilang JARUJU, Orang Melayu menyebut JERUJU, Orang Inggris menyebut SEA HOLLY, Orang Cina menyebut SHU LE, merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang ternyata berasal dari tanah Melayu dan tanah Jawa. 

Daruju

Tanaman ini memang sangat bermanfaat dan banyak dijumpai dipinggiran sungai -sungai, semua bagian tanaman mulai dari daun, akar, serta biji ada manfaatnya.

KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS.

Daruju memiliki rasa pahit dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daruju, di antaranya flavone dan asam amino.

Efek farmakologis daruju, di antaranya anti-radang, pereda batuk, danantineoplastik (penghambat tumbuhnya sel-sel neoplasma atau tumor). Selain itu,  biji daruju merupakan pembersih darah.
sedangkan  bagian akar kering dan biji dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit.

Beberapa cara mengolahan tanaman Daruju untuk mengobati penyakit pada tubuh manusia diantaranya:

UNTUK MENGOBATI CACINGAN

Penyakit cacingan dapat dialami oleh siapa saja, tidak hanya anak kecil saja, tetapi orang dewasa bisa saja terkena penyakit cacingan. Karena kurangnya menjaga kebersihan  lingkungan, penyakit cacingan ini bisa saja timbul setiap saat dikarenakan pengaruh buruknya kebersihan sehingga mempermudah penyebaran infeksi cacingan.

Tanaman Daruju mengobati cacingan dengan cara: 
Ambil 8 butir biji Daruju, kemudian cuci hingga bersih dan tumbuk sampai halus, lalu seduh dengan 1 cangkir air panas. Minum selagi hangat 2 kali sehari masing-masing ½ cangkir. Lakukan secara rutin selama 3 hari.


MENGOBATI HEPATITIS AKUT DAN KRONIS, PEMBESARAN HATI SERTA LIMPA.

Cara penggunaannya dengan menyediakan 
30-60 g akar kering daruju, kemudian cuci hingga bersih dan rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Dinginkan dan saring, lalu buat menjadi 2 bagian. Minum bersama 1 sendok makan madu setiap pagi dan sore, masing-masing 1 bagian.

KANGKER HATI

Cara penggunaannya dengan menyediakan 100 g akar daruju yang telah dijemur, kemudian cuci hingga bersih dan 100 g daging sapi tanpa lemak. Setelah itu rebus semua bahan dengan 2 gelas air selama 6 jam. Jika mengering sebelum 6 jam, tambahkan air secukupnya hingga mendapatkan  1 mangkok air rebusan mendidih. Buat air rebusan menjadi 2 bagian untuk 2 kali minum bersama 1 sendok makan madu.

OBAT BATUK

Cara penggunaannya dengan menyediakan 4 g biji daruju segar, kemudian cuci hingga bersih dan  tumbuk sampai halus, lalu rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Dinginkan dan saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Demikian lah penjelasan mengenai khasiat dan manfaat daruju. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika berminat kami juga menyediakan tanaman daruju yang siap melengkapi tanaman obat Anda di rumah.

"Abdul Roub, S.Ag sebagai Pemerhati Tanaman Herbal  Jepara yang sekaligus  Pemilik Usaha Green Herbal Jepara yang mengelola Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Mitra Karya mengajak Anda untuk belajar lebih dekat tentang teknik pembibitan tanaman herbal, pengolahan bahan jamu melalui Pelatihan.

Silahkan anda mengunjungi tempat pelatihan yang beralamat di Rt. 04 Rw. 01 Desa Kalipucangwetan Kecamatan Welahan kabupaten Jepara Hp. +6289 859 10564

Green Herbal Jepara



Post Top Ad