Advertisement here

Bibit Mangga Jepara Henry Handoko Kolektor Mangga Kebanjiran Order

Sosok Kolektor Mangga Desa Karangrandu Henry Handoko Jadi Pembibit
Henry Handoko di tempat pembesaran bibit mangga di karang Randu


Sosok Kolektor Mangga Desa Karangrandu Henry Handoko Jadi Pembibit

Merdekajayapos.com JEPARA - Asal mula berkebun belimbing yang  hasil yang kurang bagus dan gagal di desanya Karangrandu, Pecangaan , Jepara . Henry Handoko banting setir berkebun mangga.


Henry Handoko Juga Berkebun Mangga Juga Kembangkan Bibitnya

Henry Handoko semula memiliki beberapa bidang kebun dan sawah yang di pematangnya ditanami pohon mangga. Perlahan pria yang juga pedagang mebel ini mulai mengepakkan sayap usaha mangga ini.


Tidak hanya berkebun mangga, Kini Henry Handoko mulai mengembangkan pembibitan mangga


 " Dari banyaknya jenis pohon mangga yang saya miliki, awalnya ada 2 lahan sawah yang tumpang sari dengan pohon mangga di desa Gerdu dan karang Randu Pecangaan Jepara. Sekarang saya mempunyai 7 tempat. Ada untuk penyemaian, penyambungan dan penempelan bibit, pembesaran dan pemasaran " ujar Henry, Senin. 5/7/2021.

Henry Handoko Juga Berkebun Mangga Juga Kembangkan Bibitnya
Henry Handoko saat melakukan okulasi bibit mangga

Dalam menjalankan usahanya ini Henry dibantu oleh keponakannya. " Awal mula mereka hanya membantu memindah bibit saja, kemudian saya ajari untuk menyambung dan menempel/ okulasi bibit mangga. Sekarang keponakan saya sudah mahir dalam melakukan perbanyakan bibit" ujar Henri.


Henry juga menuturkan bahwa untuk tempat penyemaian ada di desa Gerdu, Pecangaan demikian juga Pembibitan dan pembesaran. Sementara lahannya yang di Karang Randu,  Pecangaan untuk pembesaran dan penjualan.


"  Pelanggan saya banyak dari daerah Kalimantan, Jawa barat ada juga daerah Jepara namun yang paling banyak orang luar kota dan luar pulau. Jenis mangga saya juga banyak baik dari dalam ataupun luar negeri"  pungkas Henry.


Kontributor: Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here