Advertisement here

Karya Cipta PAKAR TEMALI Binaan Dinas Perikanan Jepara Dikenalkan

 

Kholifah ( duduk) saat meluncurkan karya cipta bersama staf dinas perikanan Jepara

Merdekajayapos.com Jepara- Dinas Perikanan Kabupaten Jepara  pertengahan tahun 2021 berperan aktif mengajukan inovasi pelayanan masyarakat dari Bidang Usaha dan Pengembangan Mutu Hasil Perikanan pada seksi Peningkatan Mutu dan Diversifikasi Produk  tentang Teknologi asap cair (Liquid Smoke) sebagai alternatif cara mengawetkan ikan dengan metode Pengasapan ikan yang murah, mudah diterapkan dan ramah lingkungan disingkat dengan  “PAKAR TEMALI”.

Kholifah seorang ibu kader juga ketua Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLASAR) “Teratai” yang beralamatkan di Desa Bandengan RT 13 RW 4 Jepara, yang telah berhasil menerapkan inovasi yang diperoleh pada tahun 2020 melalui suatu pelatihan yang diadakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Jepara bekerja sama dengan Undip Semarang, sebagai narasumber.

Kholifah seorang ibu kader juga ketua Kelompok Pengolah dan Pemasar POKLASAR Teratai
Kholifah menunjukkan produk " pakar temali"

Inti dari pelatihan tersebut tentang inovasi teknologi asap cair untuk pengolahan hasil perikanan Menuju Revolusi Industri 4.0 di Indonesia yang digagas oleh Dr. Fronthea. Hasil penelitian menggunakan teknologi asap cair tidak hanya untuk ikan asap, namun dapat digunakan pada pengolahan ikan segar, bakso, nugget dan bahan pangan lainnya.

Kholifah setelah mengikuti pelatihan tersebut menjelaskan bahwa hasil karya ini selain mendapat bimbingan dari Dinas Perikanan, juga dari Dinas Industri Perdagangan, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Koperasi, UKM,Tenaga Kerja dan Transmigrasi,BAPPEDA, juga Bank Indonesia Semarang.

" Kini disaat pandemi tiba, masalah pemasaran Alhamdulillah lancar, tidak ada kendala, selain dipasarkan di kios yang dimiliki bernama Waroeng Ikan Kembar di Jl.  Pelabuhan No. 9 Pasar Jepara Satu Desa Jobokuto Kecamatan Jepara , juga mengirim hasil karya ke berbagai daerah  dan banyak penjual yang berminat ikut memasarkan” ujar Kholifah.

Jenis poduk/karya cipta  yang telah dipasarkan antara lain kemasan Abon rajungan, Abon bandeng asap cair abon tongkol, Sambal ikan asap, dan masih banyak lagi jenis olahannya.

Atas hasil karya warga  binaanya, dihubungi terpisah Kabid Usaha dan Pengembangn Mutu Hasil Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Jepara, Deny Ana I’tikafia pada Jumat 16/7/2021 mengatakan ” Pengasapan ikan yang murah, mudah diterapkan dan ramah lingkungan yang disingkat dengan istilah PAKAR TEMALI, diharapkan dapat memberi inspirasi POKLASAR lainnya, untuk semangat meningkatkan hasil kreatifitasnya sesuai tujuan renstra  Dinas Perikanan Kabupaten Jepara Tahun 2017 – 2022 yaitu meningkatkan produksi Perikanan Tangkap dan Budidaya yang berkelanjutan beserta  Pengembangan Usaha Kecil Perikanan".


Kontributor: Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here