Karimunjawa Jepara Diserang TNI AL Koarmada II Dengan Latihan Glagaspur L-4 Dan Serbuan Vaksin

Paparan dirlat glagaspur L-4

Merdekajayapos.com SURABAYA - Koarmada II dibawah Komando Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr (Han) Senin 09/08/2021,melaksanakan Tactical Floor Game (TFG) Pre Sail Brief dan doa bersama dalam rangka Latihan Glagaspur L-4  dilanjutkan serbuan vaksin di pulau Karimunjawa yang akan dilaksanakan beberapa hari kedepan. 

Kegiatan TFG yang dipimpin langsung oleh Kolonel Laut (P) Awang Bawono S.E., M.M., M.A.P., selaku Dansatgasla L4, Diawali keberangkatan  unsur-unsur Satgas dari Pangkalan Angkatan Laut Surabaya menuju Pulau Karimunjawa, latihan Glagaspur L-4 kali ini dilanjutkan dengan kegiatan serbuan vaksinasi oleh TNI AL kepada masyarakat Pulau Karimunjawa. Hal ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan kebijakan Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M., bahwa TNI AL ikut terus mendukung program pemerintah dalam mempercepat program vaksin covid-19 untuk mewujudkan Herd Immunity masyarakat Indonesia. 

Selanjutnya TNI AL melalui Koarmada II akan mengirimkan bantuan kepada masyarakat pulau karimunjawa berupa 1000 paket sembako untuk meringankan kesulitan rakyat di tengah pandemi covid-19.

Tactical floor game ( TFG) latihan glagaspur L - 4 di Karimunjawa

Menurut Kolonel Awang, " TFG dilaksanakan dalam rangka pemahaman rencana manuver lapangan Glagaspur L-4, yang melibatkan lebih dari 1700 personel TNI AL dengan melibatkan unsur antara lain KRI Diponegoro-365, KRI Sultan Hassanudin-366, KRI Makassar-590, KRI Pulau Rengat-711, KRI Escolar-871, HU 4205, HS 4201, P 8302, U 6215 dan beberapa drone TNI AL, " ungkapnya.

" Latihan dilaksanakan untuk mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme prajurit Koarmada II dengan materi latihan yang dilaksanakan meliputi, latihan peperangan diantaranya adalah latihan Gunnery Exercise atau live firing meriam, latihan Combined Anti Submarine Exercise atau latihan anti kapal selam dengan menggunakan sasaran Mini Mobile Target Torpedo dan Moving Taget Trainer buatan anak bangsa serta pengendalian pesawat udara, " lanjutnya.

" Selain melaksanakan berbagai serial latihan, TNI AL juga akan melaksanakan serbuan vaksin Sinovac sebanyak 1000 dosis yang dilaksanakan  dalam waktu 2 hari. 500 dosis di hari pertama dan 500 dosis di hari kedua, " pungkas Kolonel Awang.

Nantinya dalam latiihan Ini akan bermarkas di KRI Makassar-590 sebanyak 98 vaksinator yang nantinya akan turun dari KRI Makassar-590 menuju Pulau Karimunjawa untuk melaksanakan serbuan vaksin dengan tetap melaksanakan disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19, sesuai dengan penekanan dari Pangkoarmada II, Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr. (Han)


Kontributor: Edi Sulton


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url