Dinas Perikanan Jepara Adakan Pelatihan Ragam Olahan Berbahan Baku Ikan

Pelatihan olahan ikan dari dinas perikanan Jepara

Merdekajayapos.com | JEPARA- Dalam rangka  pelaksanaan kegiatan pembinaan mutu dan keamanan hasil perikanan bagi usaha pengolahan dan pemasaran skala menengah dan besar  Dinas  Perikanan Kabupaten Jepara di fasilitasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah mengadakan pembinaan dan pendampingan dengan tetap patuhi protokol kesehatan. 

Peserta terdiri dari  5 (lima) kelompok  pengolah dan pemasar (poklahsar) yaitu Sakura Kec.Mlonggo, Mina Barokah Kec Keling, Wafiq Food Kec.Tahunan, Mina Karya Usaha Kec.Batealit dan Charisma Kec.Mlonggo masing-masing 2 orang, sehingga keseluruhan peserta sejumlah 10 orang.  

Bertempat di Dapur Semar Resto Jl Lingkar RW 03 desa Pulo Darat Kec.  Pecangaan Jepara, pelatihan diversifikasi olahan berbahan baku ikan dilaksanakan selasa 28/9/2021 Jam 08.00 wib sampai jam 13.00 wib, dengan menampilkan 2 menu  favorit yaitu cumi montok bakar sambal matah dan Pie brownis ikan.

Hadir dalam giat ini   Kabid Usaha Peningkatan Mutu Hasil Perikanan (UPMHP) Deny Ana I’tikafia mewakili kepala dinas perikanan Jepara didampingi  Kasi Peningkatan Mutu dan Diversifikasi Produk (PMDP)  Supriyanti. Kasi Logistik Bina Mutu dan Diversifikasi Produk  Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah Aries Kusmiarno,  teknikal metting oleh chef (ahli masak)  David  Choirul Wafa dilanjut praktek memasak, evaluasi dan penutup.

Peserta pelatihan menerima teori

Kabid UPMHP Deny Ana I'tikafia dalam sambutannya mengatakan, " terimakasih atas fasilitas yang diberikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah,  poklahsar jepara siap menerima bimbingan dan berharap kegiatan tetap berkesinambungan".

Selain itu  Aries  Kusmiarno dari dinas perikanan Jawa tengah dalam pesannya mengatakan,  "Dengan keterbatasan dana yang ada,  karena mengalami beberapa kali pemangkasan alokasi anggaran,  terkait recofushing covid,  semoga tetap bisa berjalan semaksimal mungkin, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah tetap semangat mengadakan pelatihan dan pendampingan pada poklahsar di beberapa daerah se Jawa Tengah".

Tujuan dari pelatihan ini diantaranya adalah peserta mendapatkan tambahan ilmu tentang diversifikasi aneka ragam jenis olahan berbahan baku ikan, hasil pelatihan dapat diterapkan, khususnya meningkatkan kreatifitas poklahsar masing-masing sehingga menambah semangat dalam mengolah dan memasarkan hasil kresinya,

Fasilitasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi diharapkan bermanfaat bagi kelangsungan pohlaksar,  tidak hanya mengolah, namun memodifikasi bahan dasar ikan, platting (penyajian) tidak kalah penting untuk diperoleh ilmunya, Pengemasan produk olahan ikan diusahakan semenarik mungkin, dan mampu menembus pemasaran yang lebih luas lagi.


(Edi Sulton)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url