Dinas Perikanan Bersama BBPBAP Jepara Tebar Benih Ikan dan Launcing Kampung Bandeng Desa Ujungwatu

Kampung Bandeng dan Tebar Benih ikan Bandeng di Desa Ujungwatu Donorojo Jepara

Merdekajayapos.com | Jepara - Direktorat Jenderal perikanan dan Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP), Jepara melaksanakan tebar benih ikan bandeng. Kegiatan tersebut sekaligus launching kampung bandeng dan juga melaksanakan kegiatan sosial donor darah bertempat di Desa Ujungwatu Kecamatan Donorojo Jepara. Kamis, ( 21/10/21).

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama dari beberapa institusi untuk mendukung program kampung bandeng yang berada di Desa Ujungwatu Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara. Hadir dalam kegiatan Bupati Jepara diwakili oleh Kepala Dinas Perikanan Wasiyanto, PLT BBPBAP Jepara Arifin, Ketua DPRD Jepara diwakili oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jepara, Drs. H. Junarso,  Disparbud, DPD PEKAT IB Kabupaten Jepara, UNISNU, BPD, Dinas Perikanan, Danramil Donorojo, Kapolsek Donorojo, Camat Donorojo, Kepala Desa, Tokoh Agama, dan masyarakat.

Kegiatan tebar benih ikan bandeng dan launching kampung bandeng Direktorat Jenderal perikanan dan Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, merupakan persiapan sebagai tindaklanjut penanganan pasca panen dari hasil budidaya ikan bandeng.

PLT Kepala BBPBAP Kabupaten Jepara menyerahkan bantuan pakan Bandeng dan bibit udang windu

Kampung Bandeng dan Tebar Benih ikan Bandeng di Desa Ujungwatu Donorojo Jepara

Sejumlah 6 Hektar lahan tambak budidaya ikan bandeng di desa ujungwatu, kecamatan donorojo Jepara ini merupakan percepatan program prioritas, dengan harapan dari lahan tambak tersebut dapat menghasilkan produksi ikan bandeng kurang lebih 18 ton.

masyarakat desa ujungwatu dipersiapkan oleh Balai Besar Perikanan dan Budidaya Air Payau (BBPBAP), Jepara dengan membentuk kelompok kelompok budidaya ikan POKDAKAN, diataranya 5 kelompok POKDAKAN berada di desa ujungwatu dan 3 POKDAKAN berada di desa celering.

Strategi pemasaran, BBPBAP jepara menggandeng managemen dari UNISNU supaya hasil olahan ikan bandeng dapat diatur strategi pangsa pasar menjadi sebuah produk olahan yang dapat bernilai jual tinggi dan digemari oleh masyarakat.

Sebelumnya BBPBAP Kabupaten Jepara dan Dinas Perikanan Jepara telah melakukan pembinaan dan pelatihan kepada kelompok kelompok POKDAKAN untuk mengolah ikan bandeng, menjadikan sebuah produk olahan ikan bandeng, diantaranya adalah, olahan ikan bandeng presto, ikan bandeng cabut duri, kemudian kedepan diagendakan kembali pelatihan pengolahan bakso ikan bandeng, otak-otak ikan bandeng dan berbagai inovasi olahan ikan bandeng lainnya. Senin (18/7/2021) lalu.


Kepala Dinas Perikanan Jepara Wasiyanto mengatakan, Upaya sarana dan prasaranan untuk menunjang dan mendukung terciptanya kampung bandeng ini diharapkan kerjasamanya kepada kelompok kelompok POKDAKAN. Kekompakan kelompok POKDAKAN hendaknya terus dijaga, agar mendapatkan hasil kerja yang maksimal. 

" Adanya BBPBAP masuk disini diharapkan bisa memberikan kemajuan, agar berjalan dengan baik tentunya diharapkan kelompok juga memberikan upaya yang sama mulai dari cara budidayanya, sampai dengan pengolahannya, kelompok diharapkan kerja keras, agar mendapatkan hasil yang maksimal,  kekompakan kelompok harus terus dijaga, kemudian kerja cerdas, artinya kemampuan terus ditingkatkan, dilakukan secara tuntas malai dari pengamatan, pengobatan dan penanganan terhadap penyakit, kemudian kerja secara ihklas artinya apapun yang kita dapatkan itu atas kehendak tuhan yang maha esa, yang terakhir adalah pasrah akan hasilnya." Ungkapnya.

Diakhir kegiatan BBPBAP memberikan bantuan pakan mandiri dan udang windu kepada POKDAKAN Gemuk Mas Karanggondang, Samudra Jaya Trengguli, Al Barokah Kedung Malang, Sumber Urip Panggung, Mina Tirta Damarwulan, Lancar Barokah Guyangan, Tirta Mili Panggung, Sido Jaya Ujungwatu, Tanggul Penangkis Ujungwatu. (Red-Jteam)


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url