Cetak Pemuda Pemuda Negarawan, Muhammadiyah Jepara Gelar Madrasah

Cetak Pemuda Pemuda Negarawan, Muhammadiyah Jepara Gelar Madrasah Demokrasi

JEPARA Merdekajayapos.com - Ahad, 18 September 2022 M, 22 Safar 1444 H, bertempat di Ruang Multimedia SMA Muhammadiyah Mayong, hadir 15 dari 16 cabang pemuda Muhammadiyah, sedang melaksanakan kegiatan Madrasah Demokrasi.

Ketua PDM Jepara memberikan sambutan

Kegiatan madrasah demokrasi bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pemuda Muhammadiyah tentang peransertanya sebagai pengawas partisipatif.

Dalam kegiatan madrasah juga turut hadir pimpinan daerah Nasyiatul Aisiyah ( PDNA) Jepara , dan pimpinan Cabang Nasyiatul Aisiyah ( PCNA) hal ini penting agar generasi muda sekarang ini melek tentang demokrasi dan berperan aktif dalam proses demokrasi baik sebagai penyelenggara, peserta maupun sebagai  partisipan.

Turut hadir dalam kegiatan madrasah tersebut ketua pimpinan daerah Muhammadiyah ( PDM ) Jepara KH. Fachrurrozi, S.E sebagai pemantik diskusi, beliau menyampaikan bahwa,  " pemuda saat ini adalah yang nantinya menggantikan kami-kami ini di PDPM nantinya".

 Senada dengan ketua PDM Jepara,  ketua Pemuda Muhammadiyah ( PDPM) Jepara Roy Alfiantoro, S.Kep, Ns., M.Kes dalam sambutannya mengharapkan peran aktif pemuda, dan NA dalam penyelenggaraan pemilu di 2024 mendatang. 

Ketua PDM Jepara ( kedua dari kiri) ketua PDPM Jepara ( paling kanan) bersama penyuluh dari Bawaslu dan KPU Jepara

Narasumber 1 dalam kegiatan hari ini Sujiantoko, S.H., M.H, selaku ketua BAWASLU Kab. Jepara dalam isi materi yang pertama menyampaikan bahwa, "keberhasilan BAWASLU sebenarnya jika seluruh masyarakat turut berperan aktif dalam dalam mengawasi berlangsungnya pemilu, sehingga pemilu yang LUBER bisa terwujud".

Pada materi ke 2 yang disampaikan oleh Ris Sandy Kusuma, S.Sos dari KPU Jepara terkait syarat menjadi anggota KPU dan tugas pokok dari KPU, PPK dan PPS, karena KPU merupakan operator teknis pemungutan suara sehingga butuh kejelian dan fisik yang prima mengingat kinerja dari KPU, PPK, dan PPS ini sangat berat berkaca dari 2019 silam yang sangat menguras pikiran, waktu dan tenaga, adapun syarat petunjuk teknisnya dapat diakses pada laman https://kab-jepara.kpu.go.id

Setelah terselenggaranya kegiatan ini harapannya baik Pemuda, maupun NA dapat berperan aktif dalam pemilu baik sebagai PANWASCAM,PANWAS TPS, PPK, maupun PPS.


Edi sulton


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url