Bersama Warga Babinsa Gemiring Lor Serbu Sampah Yang menumpuk Di Sungai

JEPARA - Guna memperlancar aliran air sungai yang terhambat akibat tumpukan sampah bambu di tiang jembatan Kidul Kali Desa Gemiring Lor, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara. Selasa, (17/1/2023).

Babinsa Sertu Imron anggota Koramil 05/Mayong bersama warga binaan melaksanakan kerja bakti pembersihan sampah di sungai tersebut, kegiatan itu dilakukan untuk mengantisipasi sungai meluap yang mengakibatkan banjir.

Tampak kebersamaan Babinsa Sertu Imron dengan warga binaan menjeburkan diri ke sungai utnuk bergotong-royong mengambil dan menyingkirkan sampah yang menumpuk, mereka menggunakan alat seadanya dikit demi sedikit agar aliran air sungai kembali lancar.

Dengan adanya kegiatan bersih-bersih sungai ini diharapkan masyarakat tumbuh kesadarannya dan tidak membuang sampah sembarangan,” kata Babinsa Sertu Imron.

Bersihkan tumpukan sampah di aliran sungai

Selain itu, melalui kegiatan gotong-royong ini sangatlah penting selain untuk mencegah banjir akibat banyaknya sampah yang menyumbat aliran sungai juga merupakan sarana untuk membangun kebersamaan, serta peran warga dalam rangka menjaga kebersihan terlebih di musim penghujan seperti sekarang ini.

Jembatan dengan kontruksi model lama seperti ini sangat berpotensi sampah menumpuk dan dapat mengakibatkan banjir, diharapkan dengan kerja bakti ini saluran air dapat menggalir dengan lancar dan terhidar dari banjir,” Ujar Babinsa.

Ditambahkannya, kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan selain mengakibatkan terjadinya banjir tentu dapat merugikan diri sendiri.

“Mari kita selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan seperti membuang sampah ke sungai,” pungkasnya. (@ries)

Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url