KSPPS Sakinah Mulia Madani Terima Sertifikat NIK Diserahkan Dinkop Jepara

Merdekajayapos.com JEPARA - Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Sakinah Mulia Madani menerima sertifikat nomor induk koperasi (NIK) dari Kementrian Koperasi, sertifikat tersebut diserahkan Dinkop jepara di kantor KSPPS Sakinah Mulia Madani Jl. Purwogondo-kenari Kecamatan Kalinyamatan, Jepara. Kamis, (17/3/2022).

Dewi Rahmawati Dinkop Jepara

Sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK), tersebut merupakan Sertifikat yang diberikan dari pemerintah (Kemenkop) kepada koperasi KSPPS Sakinah Mulia Madani sebagai bentuk apresiasi dan diakui sebagai koperasi aktif secara kelembagaan dan usaha. 

Pengawas koperasi dan Sub Koordinator Kelembagaan dan Usaha Koperasi Kabupaten Jepara (Dinkop) Nofi Lina Ristiyani ditemui media mengatakan untuk memperoleh NIK, koperasi mengajukan nomor induk koperasi (NIK) ke Kementrian Koperasi, yang mana NIK tersebut Koperasi diberikan tenggang waktu selama tiga tahun.

"nomor induk koperasi (NIK) di peroleh dari kementrian koperasi yang diwujudkan dengan sertifikat yang bisa diperoleh dengan jangka waktu 3 tahun sekali" kata lina

Lebih lanjut Nofi Lina Ristiyani menjelaskan untuk memperoleh NIK, Koperasi mengisi data di sistem yang dikenal dengan ODS (One Data Sistem) dengan cara mengisi blangko atau form, data form tersebut setiap tahun harus ubdate dengan tujuan agar diketahui koperasi tersebut aktif atau tidak dalam melakukan usahanya.

" Manfaat NIK Koperasi adalah sebagai identitas koperasi, bahwa koperasi tersebut adalah legal, tercatat di kementrian koperasi, untuk melihat data koperasi itu sendiri apakah masih berjalan, aktif atau tidak, masyarakat luas bisa melihat di portal resmi kementrian koperasi" jelas nofi

Nomor NIK koperasi masyarakat dapat melihat langsung di halaman Web, www.nik.depkop.go.id, dihalaman tersebut masyarakat dapat melihat secara detail, bagamana  status koperasi, kepengurusan, sudah melakukan RAT atau belum, termasuk diberikannya status grade pada koperasi tersebut.

Dengan diberikannya informasi terkait status koperasi secara jelas dari pemerintah diharapkan masyarakat dapat melihat sendiri status koperasi di halaman situs diatas, dan terhindar dari ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengatas namakan koperasi, padahal koperasi tersebut ilegal (bodong).

Nomor Induk Koperasi (NIK) itu sendiri bentuknya Sertifikat berisi Nomor Induk Koperasi, dan sekarang sudah dilengkapi dengan QR Code. (@r).


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url